Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19870
Title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPINGTERHADAP PERBEDAAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA SMAN 2 JEMBER PADA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN GENDER
Authors: Ahmad Zainul Khofiuddin
Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 060210193134;
Abstract: Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masalah pendidikan. Kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia sangat rendah jika dibandingkan dengan Negara-negara lain seperti Negara-negara di Eropa (Nurhadi & Senduk, 2003:V). Hal itu dapat diketahui berdasarkan Human Development Report dari UNDP, Human Development Index (HDI) Indonesia tahun 2009 menempati peringkat 111, lima peringkat di atas Vietnam, dan enem peringkat dibawah Philipina. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah telah melakukan berbagai cara termasuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, salah satunya adalah pembenahan pada kurikulum. Saat ini kurikulum yang banyak diterapkan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dibangun dengan strategi pembelajaran kooperatif dimungkinkan mampu menjawab tantangan tersebut, yaitu mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Mind Mapping. Mind Mapping merupakan suatu teknik visual yang dapat menyelaraskan proses belajar dengan cara kerja alami otak. Sistem ini sebenarnya bukanlah hal yang baru Sistem ini telah digunakan bertahun-tahun dalam dunia pembelajaran. Sistem ini telah ditemukan dan dipopulerkan oleh Dr. Tony Buzzan di awal tahun 1970, artinya sistem ini telah teruji sekian puluh tahun (Alamsyah, 2009:20). Penerapkan strategi Mind Mapping pada proses pembelajaran diharapkan akan meningkatkan daya pikir peserta didik menjadi lebih baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19870
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
kip (100)X_1.pdf580.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools