Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/19094
Title: SIMULASI SISTEM PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC BERDASARKAN PERUBAHAN JARAK MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROLLER
Authors: Yuniar setyawan, Richi
Keywords: Sistem Pengaturan Kecepatan Motor DC, Fuzzy Logic Controller
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 061910201106;
Abstract: Kepadatan jalan raya yang mulai akrab akhir-akhir ini menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi para pengemudi kendaraan listrik. Peningkatan jumlah kendaraan yang beroprasi tidak diimbangi dengan luasan jalanan, akibatnya kemacetan maupun kecelakaan lalu-lintas tidak jarang terjadi hanya karena faktor kelengahan manusia. Secara umum setiap kendaraan listrik dilengkapi dengan sistem pengereman, hanya saja sistem pengereman tersebut masih banyak yang dilakukan secara konvensional. Pada kenyataanya tidak bisa dipungkiri bahwa pengendara kendaraan listrik kerap kali merasa jenuh sehingga berdampak pada menurunnya tingkat konsentrasi atas kendaraan listrik yang dikemudikannya. Dengan kondisi demikian bisa dipastikan bahwa para pengendara kendaraan listrik akan telat merespon sistem pengereman apabila terjadi suatu kondisi yang mengharuskan untuk melakukan pengereman secara mendadak. Peristiwa seperti diatas bisa diantisipasi dengan menambahkan kendali cerdas pada sistem pengereman kendaraan listrik. Salah satu kendali cerdas yang banyak dikembangkan adalah sistem logika fuzzy. Logika fuzzy dapat memberikan kecepatan referensi dari nilai masukan jarak yang didapatkan oleh piranti pengukur jarak yang menggunkan sinyal ultrasonik. Selanjutnya kecepatan referensi tersebut akan dibandingkan dengan kecepatan aktual pada kontroler kecepatan dan menghasilkan arus referensi. Arus referensi ini masih dibandingkan kembali dengan arus aktual pada kontroler arus dan akan menghasilkan pulsa. Kemudian pulsa akan masuk dalam konverter dan dari situ besarnya tegangan sumber bisa diatur sesuai dengan kondisi yang terjadi pada saat itu. Dengan nilai tegangan yang tepat maka bisa didapatkan kecepatan putaran motor DC yang sesuai untuk menindaklanjuti respon sistem pengereman kendaraan listrik. Dengan demikian meskipun pengendara kendaraan listrik secara tidak sengaja lengah dan telat memberikan respon pengereman pada kendaraannya, sistem kendali cerdas akan secara otomatis menggantikan tugas pengendara tersebut untuk melakukan pengurangan kecepatan pada kendaraan listriknya
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19094
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
richiyunia-5322-1.pdf527.56 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools