Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/16239
Title: KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Instruction) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) SMP NEGERI 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2006/2007
Authors: JUHARI
Keywords: Problem Based Instruction
Issue Date: 17-Jan-2014
Series/Report no.: 030210101240;
Abstract: Model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based-Instruction) adalah pendekatan pembelajaran peserta didik pada masalah Autentik. Model ini digunakan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah, serta mendapatkan pengetahuan tentang konsep-konsep penting. Pendekatan pembelajaran ini mengutamakan proses belajar, dimana tugas guru harus menfokuskan diri untuk membantu peserta didik mencapai keterampilan mengarahkan. Beberapa permasalahan dalam penelitian ini mengenai bagaimana peningkatan kemampuan kognitif dan aktivitas belajar siswa setelah mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based-Instruction). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa dan aktivitas belajar siswa setelah Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based-Instruction) dilaksanakan. Pengambilan data ini dilakukan pada tanggal 09 Desember 2006 s.d 20 Januari 2007 di SMP Negeri 3 Jember dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas VIIIC semester ganjil SMP Negeri 3 Jember tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode tes, sedangkan data yang dikumpulkan adalah hasil observasi aktivitas siswa, kelompok dan guru selama pembelajaran berlangsung, hasil wawancara, dan hasil tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan berjalan dengan baik, siswa aktif mengikuti jalannya pembelajaran dan mampu menguasai isi/materi yang disampaikan guru sesuai tujuan. Respon terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based-Instruction) sangat positif dari siswa maupun guru bidang studi. Hal ini ditunjukkan oleh sikap siswa yang sangat antusias dalam mengikuti pelajaran dan hasil belajar yang diperoleh cukup baik. Dari analisis hasil tes akhir diketahui siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita dikarenakan siswa belum terbiasa mengerjakan soal non SPLDV. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based-Instruction) dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan kognitif siswa. Selain itu pengalaman yang diperoleh siswa lebih bermakna karena mereka dihadapkan dengan kehidupan/lingkungan nyata. Hasil pengamatan aktivitas siswa secara individu selama dua kali pertemuan menunjukkan peningkatan rata-rata aktivitas siswa yang cukup signifikan yaitu 75,4% untuk pertemuan I dan 88,2% untuk pertemuan II. Sedangkan perolehan rata-rata hasil pengamatan aktivitas siswa secara berkelompok dari pertemuan I sampai pertemuan II menigkat dari 80% ke 90%. Kemampuan kognitif siswa dapat diketahui dari analisis hasil tes akhir siswa yang menunjukkan bahwa ada 4 siswa yang mendapat skor kurang dari 70 dari skor maksimum 100, selebihnya 39 siswa dikatakan tuntas secara individu, sehingga didapatkan persentase ketuntasan hasil tes akhir siswa secara klasikal mencapai 90,70 %. Pada Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based-Instruction) dari 43 siswa terdapat 2 siswa yang mendapat skor kurang dari 70 dari skor maksimum 100, selebihnya 41 siswa dikatakan tuntas secara individu, sehingga didapatkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 95,35 %.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16239
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a (113)x_1.pdf71.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools