Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/14505
Title: ANALISIS STRATEGI POSITION AND ACTION AVOLUATIN(SPACE)MATRIK DAN PEDIKSI PANGSA PASAR SEBAGAI DASAR DALAM PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN
Authors: MUHAMAD REZA ARDIYANTO
Keywords: STRATEGI PEMASARAN
Issue Date: 15-Jan-2014
Series/Report no.: 020810291062;
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil prediksi pasar dilihat dari tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar dan pangsa pasar relatif perusahaan serta untuk menentukan alternatif strategi pemasaran yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan disini adalah penelitian empiris runtut waktu/historis yang merupakan penelitian yang didasarkan pada fakta serta data yang didapat dari perusahaan. Sifat penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif, yaitu dengan tidak melakukan percobaan (eksperimen) pada objek penelitian, akan tetapi hanya memetakan produk dalam pasar persaingan industrinya menurut matrik SPACE. Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini, yaitu data sekunder yang yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya tetapi melalui sumber lain yang mempunyai kaitan langsung dengan masalah yang diteliti atau dengan kata lain data yang diperoleh dari pihak kedua.Metode analisis data menggunakan trend kuadratik, market share, tingkat pertumbuhan pasar dan market share relatif dan matrik SPACE. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil prediksi pasar menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan pasar pada tahun 2007 untuk produk mie sohun Bintang Piring mengalami penurunan sebesar 46%, mie sohun cap Golok sebesar 64,5% sedangkan mie sohun cap Burung mengalami tingkat pertumbuhan sebesar 17,5%. PT. Bintang Mulya Jember mempunyai Market Share sebesar 27,9% untuk mie sohun Bintang Piring, 0,2% untuk Cap Golok dan 2,4% untuk mie sohun cap Burung. Pangsa pasar relatif PT. Bintang Mulya Jember dibandingkan dengan PT. Lingkaran Mas Jember sebesar 1,001x untuk mie sohun Bintang Piring, 0,19x untuk mie sohun Cap Golok dan 0,15x. Jika dibandingkan dengan PT. Jago Superior Jember sebesar 0,6x untuk mie sohun Bintang Piring, 0,19x untuk mie sohun Cap Golok dan 0,17x untuk Mie Sohun Cap Burung. Berdasarkan hasil matrik SPACE menunjukkan bahwa posisi PT. Bintang Mulya Jember berada pada kuadran Kompetitif yang mengindikasikan strategi-strategi keunggulan kompetitif (competitive advantage strategies) yang meliputi integrasi ke belakang, ke depan atau horizontal, penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan joint venture. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Bintang Mulya Jember strategi yang tepat adalah startegi Growth.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14505
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a (351)X_1.pdf1.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools