Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13723
Title: “Penerapan Strategi Inkuiri Pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP IT Syarif Hidayatullah Sukorambi Tahun Ajaran 2012/2013”
Authors: Vaidatul Aliya
Keywords: Strategi Inkuiri
Issue Date: 30-Dec-2013
Series/Report no.: 090210101049;
Abstract: Kenyataan di lapang menunjukkan bahwa banyak siswa yang menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami. Selama ini kegiatan pembelajaran matematika lebih menekankan pada tercapainya tujuan pembelajaran yang hanya diukur berdasarkan tingginya nilai akademis, namun pembentukan nalar dan kepribadian yang berpengaruh dalam pola pikir dalam menghadapi suatu permasalahan belum tercapai. Pembelajaran dengan menggunakan strategi Inkuiri yang terdiri dari enam tahap yang ditekankan pada proses penemuan suatu jawaban atas permasalahan yang dikaji. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi Inkuiri, aktivitas siswa selama menggunakan strategi Inkuiri, dan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi Inkuiri. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran, aktivitas siswa secara individu selama pembelajaran, dan ketuntasan belajar siswa yang selanjutnya menentukan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran. Pengambilan data dilakukan di SMP IT Syarif Hidayatullah Sukorambi pada tanggal 20 Maret 2013 sampai 12 April 2013. Dalam penelitian ini subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 33 orang siswa dengan 21 siswa putra dan 12 siswa putri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dengan materi yang sama, dengan tujuan siklus II untuk perbaikan dari kekurangan yang terjadi pada siklus I. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan vii (menyusun rencana pembelajaran, menyusun lembar kerja siswa, menyusun soal latihan, menyusun tes, dan menyusun pedoman observasi dan wawancara), tindakan (melaksanakan rencana penelitian yang telah disusun), observasi (observasi bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan tindakan, dalam hal ini yang diobservasi adalah aktivitas siswa dan guru selama proses belajar mengajar dengan menggunakan Strategi Inkuiri), dan refleksi (upaya mengkaji dampak suatu tindakan, informasi yang diperoleh dari langkah refleksi merupakan bahan yang tepat untuk menyusun perencanaan siklus berikutnya). Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi (data aktivitas guru dan siswa), tes (data hasil belajar siswa), dan wawancara (data tentang cara mengajar guru, tingkat kemampuan siswa, dan kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam memahami suatu konsep). Analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif (berdasarkan hasil observasi dan wawancara) dan analisa data kuantitatif (berdasarkan hasil tes dan aktivitas siswa) . Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 64,48% dan siklus II sebesar 84,34%. Skor tes menunjukkan ada 14 siswa yang tidak tuntas belajar dari jumlah keseluruhan siswa, yaitu 33 orang (pada silkus I) dan ada 4 siswa yang tidak tuntas belajar dari jumlah keseluruhan siswa, yaitu 33 orang (pada siklus II). Persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 57,58% pada siklus I dan sebesar 90,91% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Salah satu kekurangan dari penggunaan strategi ini adalah penggunaan waktu yang cenderung lama, oleh karena itu agar penelitian ini berhasil sebaiknya memilih materi yang sesuai dengan inkuiri dan kondisi kognitif siswa, memperhatikan jenis alat dan bahan yang akan digunakan sebagai alat peraga, dan cara guru mengarahkan siswa sebaiknya benar-benar terkonsep dan teratur sehingga dengan penggunaan strategi yang baru siswa tidak merasa kesulitan dengan tahapan-tahapan pembelajaran yang ada.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13723
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Vaidatul Aliya - 090210101049_1.pdf174.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools