Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13526
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE SNOWBALL TRHOWING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Authors: Anisatul Farida
Keywords: PROBLEM SOLVING, METODE SNOWBALL TRHOWING, FISIKA
Issue Date: 27-Dec-2013
Series/Report no.: 070210192132;
Abstract: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pengembangan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase aktivitas belajar siswa untuk menjawab rumusan masalah pertama, uji paired samples t test untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan persentase retensi hasil belajar untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,8% dan termasuk pada kriteria aktif. Hasil analisis data menggunakan uji paired samples t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran model problem solving dengan metode snowball throwing terhadap hasil belajar IPA fisika siswa (Ha diterima, Ho ditolak). Hasil analisis retensi hasil belajar diperoleh persentase retensi hasil belajar IPA fisika siswa di kelas VII A sebesar 89,9% dan tergolong kuat. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Aktivitas belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing termasuk dalam kriteria aktif. 2) Ada pengaruh signifikan model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA fisika di SMP. 3) Retensi hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember dalam pembelajaran fisika menggunakan Model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing termasuk dalam kategori kuat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13526
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anisatul Farida_1.pdf737.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools