Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13313
Title: PENERAPAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP ISLAM AN-NUR RAMBIPUJI JEMBER TAHUN AJARAN 2010/ 2011
Authors: Warokoh Ibnu Noval
Keywords: Teknik Bercerita, Kooperatif, Himpunan
Issue Date: 27-Dec-2013
Series/Report no.: 040210101042;
Abstract: Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan pada pokok bahasan himpunan berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru bidang studi matematika. Namun ditemukan kendala yaitu aktivitas perhatian siswa dalam pelajaran, aktivitas siswa dalam bertanya, dan aktivitas siswa dalam berpresentasi di depan kelas. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru memberikan perhatian dan bimbingan kepada semua siswa maupun kelompok agar siswa memperhatikan penjelasan guru sehingga membuat suasana kelas menjadi lebih baik dan memberikan motivasi kepada siswa untuk giat berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan sehingga mampu merangsang siswa untuk aktif bertanya baik kepada guru pada saat menjelaskan materi di depan, teman sebagai pasangan maupun dalam satu kelompok. Pada siklus I persentase aktivitas guru mencapai 87,10% dan siklus II mencapai 93,55% . Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Demikian juga dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas perhatian terhadap pelajaran sebesar 78,33% dan siklus II sebesar 84,16% atau mengalami peningkatan sebesar 5,83%; aktivitas bertanya pada siklus I mencapai 64,17% dan siklus II mencapai 70,83% atau meningkat 6,66%; aktivitas berdiskusi bercerita berpasangan pada siklus I mencapai 82,50% dan siklus II mencapai 88,33% sehingga mencapai peningkatan sebesar 5,83%; aktivitas kerjasama dalam satu kelompok pada siklus I sebesar 85% dan pada siklus II mencapai 91,67% sehingga mengalami peningkatan sebesar 6,67%; aktivitas presentasi pada siklus I sebesar 69,17% dan siklus II sebesar 76,67% atau mengalami peningkatan sebesar 7,5%. Begitu juga aktivitas guru pada siklus I sebesar 87,10% dan siklus II sebesar 93,55% sehingga mengalami peningkatan sebesar 6,45%. Ketuntasan belajar secara klasikal siswa kelas VII SMP Islam An-Nur Rambipuji Jember tahun ajaran 2010/2011 pada semester genap setelah mengikuti pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan meningkat. Pada siklus I ketetuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 79,31%, sedangkan pada siklus II diperoleh 89,65%. Pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan pada siklus I maupun siklus II dapat dikatakan tuntas Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Islam Rambipuji Jember pada pokok bahasan himpunan. .
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13313
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf296.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools