Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/12983
Title: PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA
Authors: AGVIA DHIESTIA
Keywords: Penerapan Peta Konsep,Aktivitas Siswa
Issue Date: 26-Dec-2013
Series/Report no.: 060210391050;
Abstract: Aktivitas siswa kelas VII A SMP NURIS Jember dalam pembelajaran Ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas VII lainnya. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran IPS menggunakan media sederhana (papan tulis dan bagan-bagan) yang disampaikan dengan metode ceramah. Oleh karena itu penggunaan media Mind Mapping (peta konsep) sangat diperlukan. Penggunaan media media Mind Mapping (peta konsep) diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan peta konsep untuk meningkatkan aktivitas siswa (Studi kasus siswa kelas VII A SMP NURIS Jember pada mata pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi tahun ajaran 2012/2013). 2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Nuris Jember tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan peta konsep pada pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi.Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMP NURIS Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa, yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 62,56 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,25 (kategori tinggi). Hasil tugas siswa yang diperoleh dari pekerjaan siswa secara berkelompok menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata tugas siswa sebesar 70.86 (kategori baik). Sedangkan, nilai rata-rata tugas siswa pada siklus II sebesar 87,42 (kategori sangat baik). Untuk persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 66,67%, 11 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 87,18%, 5 siswa yang tidak tuntas Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan media media Mind Mapping (peta konsep) pada mata pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dapat meningkatkan aktivitas siswa. Peneliti menyarankan kepada guru IPS SMP NURIS Jember bahwa media Mind Mapping (peta konsep) dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran, yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa terhadap suatu materi yang diajarkan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12983
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agvia Dhiestia - 060210391050_1.pdf306.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools