Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128684| Title: | Efektivitas Pembelajaran Biologi Konsep Fungi Melalui Eksperimen Pembuatan Minyak Kelapa Secara Fermentasi |
| Authors: | INDAHYANI, Lilik |
| Keywords: | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI PEMBUATAN MINYAK KELAPA |
| Issue Date: | 27-Jan-2006 |
| Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Abstract: | Pembelajaran biologi dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti tanya jawab, diskusi, ceramah, demonstrasi, eksperimen. Pembelajaran biologi dengan konsep fungi di SMA menggunakan metode diskusi informasi, masih jarang menggunakan eksperimen. Dalam kurikulum 2004, terdapat indikator hasil belajar siswa konsep fungi diantaranya siswa mampu melakukan fermentasi. Pembuatan minyak kelapa secara fermentasi yang dapat diaplikasikan dengan metode eksperimen pada konsep fungi dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan faktor-faktor penghambat dan pendukung pembelajaran biologi konsep fungi melalui eksperimen pembuatan minyak kelapa secara fermentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Tenggarang Bondowoso pada bulan oktober sampai november 2005. Responden dalam penelitian ini ditentukan secara acak atau langsung, yaitu siswa kelas XA dan XB tahun ajaran 2005/2006. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode; observasi, dokumentasi, wawancara, tes, angket. Sumber data diperoleh dari siswa kelas X, guru, kepala sekolah. Sebelum penelitian, dilakukan uji validitas tes yang bertujuan agar tes benar-benar mengukur kemampuan siswa. Hasil uji validitas tes ini yang nantinya diberikan pada siswa untuk mengukur hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan uji efektivitas, validitas tes dan ketuntasan hasil belajar kognitif. Nilai hasil belajar siswa kelas XA untuk aspek kognitif = 75,3 ; afektif = 75,3 ; psikomotor ^ 78,5 dan kelas XB aspek kognitif = 75,7 ; afektif = 75,5 ; psikomotor = 76,9. Dari hasil belajar siswa tersebut dianalisis efektivitasnya, untuk aspek kognitif XA= 8,3%; XB = 7,01%, afektif XA= 4,4%;XB= 3,7%, psikomotor XA = 3,6%; XB= 4,05%. Ketuntasan hasil belajar siswa kognitif untuk XA= 87,5% XVI sedangkan XB= 87,1 %.Sedangkan faktor penghambat dan pendukung efektivitas pembelajaran biologi konsep fungi melalui eksperimen pembuatan minyak kelapa secara fermentasi antara lain tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, jumlah siswa, kemampuan siswa, kemampuan guru, fasilitas yang tersedia, waktu yang tersedia. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah pembelajaran biologi konsep fungi melalui eksperimen pembuatan minyak kelapa secara fermentasi efektif dan faktor-faktor yang menghambat adalah jumlah siswa, sedangkan faktor pendukungnya adalah tujuan pembelajaran, materi pelajaran, kemampuan siswa, kemampuan guru, fasilitas yang tersedia, waktu yang tersedia. |
| Description: | Finalisasi oleh Hendra Tanggal 20 nopember 2025 |
| URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128684 |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Lilik Indahyani_010210103150.repo.pdf | 2.11 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools