Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128645| Title: | Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kotak Kartu Misterius Digital (E-KOKAMI) Flashcard Quizlet terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA |
| Authors: | WAHYUNINGRAT, Lia Puspita |
| Keywords: | PBL E-KOKAMI MINAT HASIL QUIZLET |
| Issue Date: | 7-Mar-2023 |
| Publisher: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kotak Kartu Misterius Digital (E-KOKAMI) Flashcard Quizlet terhadap minat dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini yakni, kuasi eksperimen,dengan membutuhkan dua kelas sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Model PBL memiliki 5 sintak, yakni Orientation, Problem Statement, Data Collection, Data Processing, dan Verification. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini, yakni ketahanan pangan, industri, dan energi. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih\ dahulu dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas untuk menentukan sampel penelitian pada populasi penelitian. Adapun hasil penelitian hasil belajar, rata-rata pretest kelas eksperimen 61,11 dan 55,4 pada kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 73,888 dan 69,4 pada kelas kontrol. Adapun hasil penelitian minat belajar, rata-rata pretest kelas eksperimen 75,93 dan 67,4 pada kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 82 dan 76,56 pada kelas kontrol. Uji t-test minat belajar sebesar 0,012 ≤ 0,05 maka berpengaruh. Uji mann whitney hasil belajar sebesar 0,446 ≥ 0,05 maka tidak berpengaruh. |
| Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl 19 Nopember 2025 |
| URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128645 |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| TA_LIA PUSPITA WAHYUNINGRAT_REPOSITORY.pdf Until 2030-11-05 | 5.37 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools