Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128516
Title: Pengaruh Metode Observasi Lapangan Terhadap Keterampilan Berpikir Geografi dan Hasil Belajar Siswa
Authors: PRADYPTA, Bagas
Keywords: Hasil belajar siswa
Keterampilan berpikir geografi
Metode observasi lapangan
Issue Date: 19-May-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Dalam proses pembelajaran yang kurang intreraktif dapat menyebabkan suatu pembelajaran yang tidak efektif sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar peserta didik. Oleh kaena itu, perlunya metode pengajaran yang mendukung pengajaran yang lebih interaktif. Maksud dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh dari meode observasi lapangan terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen melalui pengggunaan nilai post-test sebagai tolak ukur keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa. Hasil test keterampilan berpikir geografi yang diperoleh di kelas kontrol rata-rata yang didapatkan sebesar 77,67 dan untuk kelas eksperimen sebesar 79,44. Rata-rata persentase postest dari hasil belajar siswa menunjukkan rata- rata kelas kontrol sebesar 76,93 serta pada kelas eksperimen sebesar 95,47. Berdasar uji hipotesis dari perhitungan uji-t pada keterampilan berpikir geografi, nilai signifikan yang didapat yaitu 0,076 yang artinya diatas 0,05. Sedangkan nilai signifikan yang diperoleh dari hasil belajar siswa sebesar 0,000 yang artinya dibawah 0,05. Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya pengaruh pada penggunaan metode pembelajaran observasi lapangan terhadap keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa hasil belajar siswa SMA/MA
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Oktober 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128516
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc_copy.pdf
  Until 2030-05-19
Bagas Pradypta_1902103030361.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools