Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128498
Title: Analisis Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Hots Materi Barisan dan Deret Menurut Tahapan Krulik dan Rudnick
Authors: GAYO, Aidha Ristiana Amalia
Keywords: Barisan dan Deret
High Order Thinking Skills (HOTS)
Kemampuan Pemecahan Masalah Krulik dan Rudnick
Issue Date: 26-May-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Dalam mempelajari matematika, peserta didik perlu menguasai beberapa kemampuan utama menurut National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), yaitu pemecahan masalah, komunikasi, koneksi, penalaran, dan representasi. Pemecahan masalah menjadi kemampuan dasar yang esensial, di mana Polya mendefinisikannya sebagai upaya mencari solusi dari permasalahan yang kompleks. Keterampilan ini terkait erat dengan kehidupan sehari-hari dan sering kali melibatkan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) serta soal non rutin, yang menuntut analisis dan pemikiran tingkat tinggi. Meskipun soal HOTS dan non rutin berfungsi meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan relevan dalam konteks PISA, hasil PISA 2022 menunjukkan rendahnya skor literasi matematika peserta didik Indonesia. Materi barisan dan deret dianggap penting untuk melatih kemampuan ini, mengingat keterkaitannya dengan situasi kontekstual. Oleh karena itu, penelitian diperlukan untuk menganalisis dan merancang perbaikan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret sesuai dengan tahapan Krulik dan Rudnick. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2024 sampai 23 Juli 2024. Lokasi penelitian terletak di SMAN 2 Bondowoso dengan subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 30 peserta didik dengan rincian 5 peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, 20 peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang, dan 5 peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah. Data kemampuan pemecahan masalah matematis didapat dari skor tes pemecahan masalah. Berdasarkan rincian pengelompokan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kemudian diambil 2 subjek penelitian dari tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis rendah untuk dianalisis dan dilakukan wawancara lebih dalam. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara yang kemudian dianalisis, disajikan, dicek keabsahan datanya, dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data pada penelitian ini didapat bahwa R1 dan R2 dengan kategori kemampuan pemecahan masalah rendah pada tahapan membaca dan berpikir dapat mengidentifikasi informasi penting, pertanyaan, dan merepresentasikan permasalahan dengan baik. Pada tahapan menyelidiki dan merencanakan, R1 dan R2 dapat mengatur informasi dan mencari informasi yang cukup pada soal level C4 dan C6, namun pada soal level C5 tidak dapat mengatur informasi dan mencari informasi yang cukup dikarenakan kedua subjek tidak dapat mengaitkan informasi pada soal dengan konsep yang relevan. Pada tahapan memilih suatu strategi, R1 dan R2 dapat memilih rumus yang benar dan tepat pada soal C4 dan C6 walaupun secara ragu-ragu dan tidak dapat memilih rumus yang tepat pada soal level C5. Pada tahapan menemukan suatu jawaban, R1 dan R2 dapat menggunakan keterampilan komputasi dengan baik dan menemukan jawaban walaupun jawaban yang didapat belum sepenuhnya tepat. Pada tahapan menggambarkan dan menyampaikan, R1 dan R2 dapat membuat kesimpulan walaupun belum sepenuhnya tepat.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 29 Oktober 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128498
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi repository.pdf
  Until 2030-06-04
Aidha Ristiana Amalia Gayo_2002101010864.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools