Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128478
Title: Pemanfaatan Virtual Reality Untuk Mengembangkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Tentang Gaya Lorentz pada Pembelajaran IPA
Authors: SUROZI, M Khoirudin
Keywords: Penguasaan Konsep
Gaya Lorentz
Virtual Reality
Issue Date: 14-Apr-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran IPA di SMP sering kali menghadapi kendala dalam memahami konsep-konsep yang bersifat abstrak, salah satunya adalah gaya Lorentz. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Virtual Reality (VR) dan bagaimana VR dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan penguasaan konsep gaya Lorentz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus eksploratif. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa SMP kelas IX yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes penguasaan konsep dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VR berbantuan Millealab dapat membantu siswa menguasai konsep gaya Lorentz secara lebih konkret. Siswa mengalami peningkatan pemahaman terutama dalam menentukan arah arus listrik, arah medan magnet, arah gaya Lorentz, dan hubungan antara besaran-besaran yang mempengaruhi gaya Lorentz. VR memberikan pengalaman belajar yang interaktif dengan visualisasi tiga dimensi yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi fenomena gaya Lorentz secara lebih nyata. Dengan demikian, VR dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 28 Oktober 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128478
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY SKRIPSI_M KHOIRUDIN SUROZI.pdf
  Until 2030-05-06
M Khoirudin Surozi_2102101040705.78 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools