Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128158
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAKBAR, Ir. Rizki-
dc.date.accessioned2025-09-15T07:11:41Z-
dc.date.available2025-09-15T07:11:41Z-
dc.date.issued2025-01-22-
dc.identifier.nim200810201199en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128158-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 September 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam yang memiliki landasan serta nilai budaya ekonomi Islam yang kuat. Pasar saham turut terpengaruh oleh prinsip ekonomi Islam, salah satunya melalui fenomena Ramadhan Effect. Ramadhan Effect merupakan anomali pasar yang merujuk pada potensi peningkatan return saham selama bulan Ramadhan, yang berkontradiksi dengan teori pasar efisien. Pasar dikatakan efisien apabila pelaku pasar tidak dapat memperoleh abnormal return dengan memanfaatkan informasi atau anomali tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reaksi pasar saham syariah terhadap fenomena Ramadhan Effect pada indeks saham syariah Indonesia dengan menggunakan pendekatan event dan non-event, guna menentukan apakah reaksi pasar tersebut terjadi selama Ramadhan saja atau juga terdapat pada bulan lainnya. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif berbasis event study dengan variabel Cumulative Abnormal Return (CAR) dan Trading Volume Activity (TVA). Pengujian dilakukan di periode event dan non-event dengan sampel berpasangan pada periode ±14, ±7, dan ±3 hari dari bulan event (13 Maret) dan non-event (13 Feb & 16 Apr) Ramadhan tahun 2024. Populasi penelitian adalah seluruh saham syariah Indonesia. Sampel penelitian terdiri dari indeks syariah utama, yaitu ISSI, JII, JII70, IDXMESBUMN, dan IDXSHAGROW. Metode analisis yang digunakan kombinasi uji t dan uji non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan CAR signifikan periode sebelum dan sesudah indeks syariah ISSI dengan pendekatan event dan non-event. Perbedaan CAR tersebut menunjukkan terdapat fenomena Ramadhan Effect indeks syariah ISSI pada pasar saham syariah Indonesia. Pengujian variabel TVA menunjukkan tidak terdapat perbedaan TVA siginifikan periode sebelum dan sesudah indeks syariah Indonesia: IDX-MESBUMN, IDX-SHAGROW, ISSI, JII dan JII70 dengan pendekatan event dan non-event Ramadhan tahun 2024.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Prof. Dr. Sumani, S.E., M.Si., CRA. DPA:Tatok Endhiarto, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectPasar Saham Syariahen_US
dc.subjectRamadhan Effecten_US
dc.subjectIndeks Saham Syariah Indonesiaen_US
dc.titleReaksi Pasar Saham Syariah Terhadap Ramadhan Effect Pada Indeks Saham Syariah Indonesiaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiManajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sumani, S.E., M.Si., CRA.en_US
dc.identifier.pembimbing2Tatok Endhiarto, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc(1).pdf
  Until 2030-05-25
Rizki Akbar_200810201199881.02 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools