Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127942
Title: | Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas V SDN Gelang 02 |
Authors: | WIDISASTRO, Devina Stevani |
Keywords: | Literasi dasar Kemampuan membaca |
Issue Date: | 7-Feb-2025 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh dari kegiatan literasi dasar terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V SDN Gelang 02 Kabupaten Jember. Terdapat banyak sekali tantangan untuk dapat melakukan atau terlaksananya kegiatan literasi dasar. Hal tersebut melatarbelakangi kemampuan membaca peserta didik, selain guru yang tidak konsisten dalam menerapkannya, terdapat faktor lain seperti tidak memadainya sarana untuk terlaksananya literasi dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan pola one group pretest – posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, dokumentasi dan instrument tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji-t. Hasil dari perhitungan uji-t pada menunjukkan bahwa nilai thitung = 7,597 pada taraf signifikansi 5% dengan df = 48, sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,677. Dengan demikian, thitung > ttabel (7,597 > 1,677), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan literasi dasar terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V SDN Gelang 02 Kabupaten Jember. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127942 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2030-03-24 | Devina Stevani Widisastro_200210204215 | 4.74 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools