Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127909
Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book IPA Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP |
Authors: | AUGETA, Antika Salma |
Keywords: | Media Pembelajaran Pop Up Book Keterampilan Berpikir Kreatif |
Issue Date: | 11-Mar-2025 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember |
Abstract: | Peserta didik di Indonesia memiliki keterampilan berpikir kreatif yang relatif kurang (Abdurrozak dan Jayadinata, 2016). Keterampilan berpikir kreatif berperan dalam mengembangkan diri siswa khususnya dalam pembelajaran IPA. Berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA terkadang juga masih sulit untuk dikembangkan karena siswa kesulitan dalam memahami materi yang telah dipelajari, terbatas dan terhambat dalam menyampaikan ataupun meningkatkan ide-ide, serta proses pembelajarannya kurang efisien karena menggunakan media pembelajaran yang kurang menarik dan menggunakan metode ceramah yang mudah membosankan sehingga menyebabkan peserta didik menjadi diam dan jarang mengajukan pertanyaan terkait dengan pembelajaran yang berlangsung (Jamnais et al., 2024). Solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA yaitu mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book IPA berbasis kontekstual yang menggambarkan materi “Sistem Peredaran Darah” secara dua atau tiga dimensi menggunakan kertas untuk menampilkan sebuah bentuk gambar bergerak dan timbul interaksinya berupa lipatan, gulungan, bentuk, dan putaran (Salsabila dan Ninawati, 2022). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Pop Up Book IPA berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Tempat penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Jember pada kelas VIII H dengan jumlah 35 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September sampai Oktober di tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan meliputi data penelitian primer atau utama menggunakan lembar validasi, lembar kepraktisan, tes (pre-test dan post-test), respon siswa, dan data penelitian sekunder atau pendukung menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Data validitas diperoleh dari lembar validasi berupa kevalidan media dan perangkat pembelajaran, data kepraktisan diperoleh dari hasil lembar keterlaksanaan, dan data keefektifan diperoleh dari lembar angket respon siswa dan uji kemampuan siswa yang diperoleh dari nilai tes keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran Pop Up Book IPA berbasis kontekstual. Hasil validasi media pembelajaran Pop Up Book IPA berbasis kontekstual yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata persentase sebesar 88,28% terkategori sangat valid. Validitas modul ajar mendapatkan nilai rata-rata persentase sebesar 88,98% terkategori sangat valid. Hasil validasi soal pre-test dan post-test mendapatkan rata-rata persentase sebesar 86,66% terkategori sangat valid. Analisis validitas yang dilakukan menunjukkan bahwa media dan perangkat pembelajaran dapat diimplementasikan. Implementasi produk yang dikembangkan mendapatkan hasil data kepraktisan dan keefektifan. Hasil analisis data lembar kepraktisan yang diperoleh dari pengamatan tiga observer berasal dari Universitas Jember selama kegiatan pembelajaran berlangsung mendapatkan nilai rata-rata persentase kepraktisan produk sebesar 89,14% terkategori sangat praktis. Data keefektifan produk diperoleh dari analisis data pre-test dan post-test menggunakan uji N-gain dan angket respon siswa. Hasil analisis uji N-gain menunjukkan adanya peningkatan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Pop Up Book IPA berbasis kontekstual dengan rata-rata persentase sebesar 0,56 terkategori sedang dan hasil angket respon siswa mendapatkan rata-rata persentase sebesar 90,05% terkategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book IPA berbasis kontekstual yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Agustus 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127909 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Tugas Akhir Skripsi_Antika Salma Augeta_210210104043.pdf Until 2030-03-11 | 1.48 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools