Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127747
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUSANTARA, Gilang Kharisma-
dc.date.accessioned2025-08-05T02:59:53Z-
dc.date.available2025-08-05T02:59:53Z-
dc.date.issued2024-06-11-
dc.identifier.nim190810101115en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127747-
dc.descriptionvalidasi_repo_ratna_Juli 2025; Finalisasi oleh Taufik_Alya Tgl 5 Agustus 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai ekonomi atau valuasi ekonomi Pantai Teluk Asmara Kabupaten Malang. Karakteristik sosial ekonomi pengunjung dengan metode Zona Travel Cost Method terhadap 30 responden yang sedang berwisata di Pantai Teluk Asmara Kabupaten Malang untuk mengetahui kesukarelaan wisatawan untuk membayar (Willingness To Pay) ke Pantai Teluk Asmara. Karakteristik sosial ekonomi pengunjung di analisis melalui data mining dengan metode asosiasi melalui algoritma apriori. Algoritma apriori digunakan untuk memberikan kesimpulan dari kombinasi (market basket analysis) wisatawan yang mengunjungi Pantai Teluk Asmara dan melakukan uji regresi linear berganda untuk mencari karakteristik pengunjung yang mempengaruhi kunjungan ke Pantai Teluk Asmara. Data kemudian dianalisis menggunakan aplikasi orange data mining dan disajikan dalam bentuk gambar, diagram dan tabel. Hasil uji asosiasi menunjukkan kombinasi terbaik yang menjadi kemungkinan besar dari karakteristik pengunjung jika pengunjung Pantai Teluk Asmara melanjutkan wisata di Pantai Balaikambang atau Sendang Biru, maka jumlah rombongan kurang dari tiga orang dengan nilai support sebesar 50% dan nilai confidence sebesar 90%. Analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi wisatawan adalah lama mengetahui tempat wisata dan biaya perjalanan pengunjung selama berwisata ke Pantai Teluk Asmara. Hal ini dibuktikan dengan hasil pearson correlation pada orange data mining dengan nilai signifikansi sig +0.521 dan sig +0.508. Pada analisis valuasi ekonomi melalui metode zona travel cost method (ZTCM) pada penelitian ini diperoleh nilai ekonomi Pantai Teluk Asmara sebesar 191.276.252.342, - per tahun.en_US
dc.description.sponsorshipAisah Jumiati, S.E,. M.P Dr. Edy Santoso, S.E., M.Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectWTPen_US
dc.subjectZTCMen_US
dc.subjectANALISIS VALUASI EKONOMI,en_US
dc.subjectDATA MININGen_US
dc.titleAnalisis Valuasi Ekonomi Wisata Pantai Teluk Asmara Kabupaten Malang Berbasis ZTCM (Zona Travel Cost Method)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiEkonomi Pembangunanen_US
dc.identifier.pembimbing1Aisah Jumiati, S.E,. M.Pen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Edy Santoso, S.E., M.Scen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juli 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-08-14
1.59 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools