Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127616
Title: Pengaruh Simulasi Kegawatdaruratan Kasus Fraktur Terbuka Berbasis Augmented Reality pada Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan
Authors: PRASTIANI, Ananda Eka
Keywords: KEGAWATDARURATAN
FRAKTUR TERBUKA
AUGMENTED REALITY
AGRONURSING
Issue Date: 18-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keperawatan
Abstract: Fraktur terbuka merupakan cedera dengan kondisi patahan tulang serta adanya hematoma yang terpapar ke lingkungan luar yakni merusak jaringan lunak dan kulit. Kasus fraktur terbuka memiliki penanganan yang kompleks dengan melibatkan pengendalian perdarahan sehingga perlu dasar pengetahuan dan pelatihan yang komperehensif. Pengetahuan berperan penting untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Ketika pengetahuan meningkat, maka sikap akan menjadi lebih positif, dan keterampilan dapat menunjukkan adanya peningkatan pula. Peningkatan pengetahuan kegawatdaruratan dapat diaplikasikan terhadap mahasiswa keperawatan di Universitas Jember untuk membuktikan kompetensinya dalam melakukan pertolongan pertama fraktur terbuka. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan teknologi baru yang memungkinkan representasi tiga dimensi secara digital dan terintegrasi dengan rangsangan lingkungan nyata. AR membantu menstimulasi kemampuan spasial dalam proses kerja otak untuk memvisualisasikan bentuk. AR digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu menggambarkan struktur anatomi internal sehingga dapat menggambarkan situasi klinis yang nyata untuk memusatkan perhatian dalam prosedur yang sedang dilakukan. AR dapat menjadi solusi yang inovatif dan memiliki potensi dalam membantu proses pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan kegawatdaruratan kasus fraktur terbuka pada mahasiswa keperawatan. Penelitian dilakukan terhadap populasi mahasiswa keperawatan angkatan 2020 dengan menggunakan randomized pre test post test control group design atau a pre test post test control group design melalui metode probability sampling yakni cluster random sampling. Kuisioner penelitian memiliki jumlah soal sebanyak 29 yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas (r = 0,807), dengan indikator pertanyaan meliputi fraktur terbuka, perdarahan, penghentian perdarahan, balut bidai, sindrom kompartemen, dan sikap pertolongan. Penelitian menghasilkan data karakteristik dari 155 responden dengan rentang usia 19 - 23 tahun dan didominasi oleh jenis kelamin perempuan sebanyak 135 orang. Hasil tingkat pengetahuan pada kelompok intervensi menunjukkan persentase sebesar 76% pada tingkat pengetahuan baik dalam pre test pengetahuan fraktur terbuka, dan meningkat pada post test menjadi 86%. Hasil tingkat pengetahuan kelompok kontrol menunjukkan persentase sebesar 73% pada tingkat pengetahuan baik dalam pre test pengetahuan fraktur terbuka, namun pada menurun pada post test menjadi 72%. Analisis perbedaan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan antara pre test dan post test pada kelompok intervensi (p = 0,001), serta menunjukkan tidak adanya perbedaan antara pre test dan post test pada kelompok kontrol (p = 0,313). Analisis perbedaan post test kedua kelompok menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan adanya perbedaan (p = 0,005) dengan kelompok intervensi yang lebih unggul mampu meningkatkan pengetahuan kegawatdaruratan fraktur terbuka. AR dinyatakan efektif terhadap pemahaman pembelajaran yang kompleks dan abstrak AR yang dirangkai untuk membentuk simulasi kegawatdaruratan fraktur terbuka ini memerlukan penelitian lebih lanjut dalam variabel sikap serta keterampilan yang dipengaruhi oleh pengetahuan hasil dari perlakuan, serta pengembangan yang lebih signifikan dalam bentuk AR ataupun diakukan modifikasi menjadi Virtual Reality
Description: Validasi_firli_1_agustus_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 31 Juli 2025
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127616
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-07-18
3.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools