Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127562
Title: Pemetaan Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Agroindustri pada CV. Bawang Goreng Armos di Kabupaten Probolinggo
Other Titles: -
Authors: HAQ, Moch Syaiful
Keywords: TANAMAN BAWANG MERAH
AGROINDUSTRI
BUSINESS MODEL CANVAS
Issue Date: 17-Jul-2023
Publisher: Fakultas Pertanian
Abstract: Tanaman bawang merah (Allium cepa var. ascalonicum) merupakan komoditas tanaman hortikultura jenis sayuran yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena setiap bagian dari tanaman bawang merah dapat dimakan mulai dari umbi, daun bawang atau bunga bawang melalui pengolahan. Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu wilayah penghasil bawang merah terbesar di Jawa Timur. Desa Watuwungkuk Kecamatan Dringu merupakan salah satu daerah di Kabupaten Probolinggo yang memiliki potensi dalam membudidayakan komoditas bawang merah. CV. Bawang Goreng Armos merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri dengan melakukan pengolahan hasil bawang merah. CV. Bawang Goreng Armos mengolah bawang merah menjadi produk bawang goreng dengan tiga tingkat varian rasa kepedasan. Agroindustri CV. Bawang Goreng Armos belum mampu memaksimalkan usahanya dikarenkan kurang dalam pengusahaan kemajuan teknologi dan pemasaran. Selain itu mulai banyak pesaing usaha sejenis sehingga menghambat perkembangan CV. Bawang Goreng Armos. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan analisis pemetaan model bisnis menggunakan Business Model Canvas dan Strategi pengembangan agroindustri pada CV. Bawang Goreng Armos. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja yaitu purposive method. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan metode analitik. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan 9 elemen bisnis menggunakan alat analisis BMC. Sedangkan metode analitik digunakan untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis melalui alat analisis matriks IFAS dan EFAS, serta analisis SWOT. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan bantuan kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan model bisnis pada CV. Bawang Goreng Armos menghasilkan 9 elemen BMC meliputi, Segmentasi pelanggan (customer segmentasi) yaitu demografis, geografis, psikografis, dan perilaku. Proposisi nilai (value propotions) meliputi produk berkualitas, pengalaman pelanggan, pelayanan ramah, kesesuaian harga, distribusi produk cepat, promosi melalui berbagai media sosial, dan proses produksi sesuai pengalaman. Saluran (channels) terbagi menjadi saluran langsung dan saluran tidak langsung. Hubungan pelanggan (customer relationships) yang diberikan berupa pelayanan personal, pemberian bonus diskon harga, gratis ongkos pengiriman produk, dan penambahan produk. Sumber pendapatan (revenue streams) berupa penjualan produk dan dana hibah pemerintah. Sumber daya kunci (key resources) berupa sumber daya bahan baku, sumber daya manusia, sumber daya teknologi, sumber daya modal, dan sumber daya intelektual. Aktivitas kunci (key activities) meliputi pengadaan bahan baku, proses produksi, pemasaran dan promosi produk. Kerja sama kunci (key partnerships) meliputi pemasok bahan baku, instansi perbankan dan pemerintah. Struktur biaya (cost structure) terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Faktor kekuatan terbagi menjadi 9 aspek. Faktor kelemahan terbagi menjadi 5 aspek. Faktor peluang terbagi menjadi 12 aspek. Faktor ancaman terbagi menjadi 3 aspek. Strategi menggunakan analisis SWOT berada pada White Area. Pada diagram diagram analisis SWOT berada pada kuadran I yaitu strategi agresif. Pada analisis matriks Internal dan Eksternal berada pada posisi sel 1 pertumbuhan.Alternatif strategi yang disarankan untuk CV. Bawang Goreng Armos menggunakan strategi S-O dalam mempertahankan mutu dan kualitas produk Bawang Goreng Armos serta meningkatkan pelayanan usaha untuk kepuasan dan loyalitas konsumen, menjalin kerjasama dengan agen pemasok bahan produksi bawang goreng untuk mengurangi pengeluaran modal usaha, peningkatan kualitas kompetensi usaha dengan adanya bantuan pelatihan dari pemerintah, meningkatkan jumlah produksi dan memperluas pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi dan penjualan produk.
Description: Validasi_firli_17_Juli_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 29 Juli 2025
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127562
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Moch Syaiful Haq 191510601047.pdf
  Until 2028-07-17
Skripsi1.79 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools