Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127451
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKHALIF, Alya-
dc.date.accessioned2025-07-18T01:50:14Z-
dc.date.available2025-07-18T01:50:14Z-
dc.date.issued2023-08-07-
dc.identifier.nim191810101110en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127451-
dc.descriptionValidasi_firli_9_Juli_25::Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractLampu merupakan benda yang mempunyai kegunaan sebagai penerangan. Lampu pada umumnya sangat bervariasi, mulai dari bentuk, penempatan, ataupun fungsinya. Salah satu lampu yang bukan hanya sebagai penerangan namun juga dapat digunakan keindahannya adalah sunset lamp. Secara umum sunset lamp tersusun dari tiga bagian yaitu bagian alas atau kaki, tiang, dan bingkai lampunya. Model sunset lamp yang ada masih sangat terbatas. Contohnya pada beberapa toko online dan website, komponen sunset lamp kebanyakan masih berbentuk tabung. Berdasarkan hal tersebut, dapat dilakukan pengembangan variasi model dengan menggabungkan beberapa benda geometri seperti tabung, kerucut, prisma segiempat, dan prisma segienam menggunakan metode deformasi dan kurva Bezier. Modelisasi sunset lamp dibagi menjadi dua tahap. Pertama memodelisasi komponen-komponen penyusun sunset lamp dengan menggabungkan dan mendeformasi beberapa benda geometri dan kurva Bezier. Benda geometri yang digunakan yakni tabung, kerucut, prisma segiempat, dan prisma segienam. Kurva Bezier yang digunakan yakni berderajat dua dan tiga. Kedua, menggabungkan hasil modelisasi setiap komponen penyusun sunset lamp pada satu sumbu pemodelan. Hasil penelitian ini mendapatkan dua prosedur dalam memodelisasi sunset lamp menggunakan metode deformasi dan kurva Bezier. Pertama, memodelisasi setiap komponen penyusun sunset lamp. Bagian alas dengan mendeformasi tabung, kerucut,dan prisma segienam. Bagian kaki dengan mendeformasi tabung dengan pola susun saling berurutan dari dua ukuran tabung. Bagian tiang dengan mendeformasi prisma segienam dengan memuntir sisi alas dan atasnya. Bagian bingkai lampu dengan mendeformasi prisma segiempat pojok cembung dan lengkung. Kedua, menggabungkan setiap komponen pada satu sumbu pemodelan dengan membagi sumbu garis menjadi lima bagian yakni bagian alas atau kaki, bagian tiang, bagian penghubung pertama, bagian penghubung kedua, bagian bingkai lampu dan lampu. Pada penelitian ini dihasilkan modelisasi sunset lamp sebanyak 105 model pada satu sumbu pemodelan dengan 75 variasi untuk model A (sunset lamp dengan bagian alas) dan 30 model B (sunset lamp dengan bagian kaki). Model sunset lamp yang diperoleh divisualisasikan dengan menggunakan bantuan software Maple 18 pada komputer.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Bagus Juliyanto, S.Si., M.Si DPA: Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alamen_US
dc.subjectDeformasien_US
dc.subjectSegmen Garisen_US
dc.subjectGeometrien_US
dc.subjectSunset Lampen_US
dc.titleModelisasi Sunset Lamp Menggunakan Bentuk Geometri Hasil Deformasi Tabung, Kerucut, Prisma, dan Kurva Bezieren_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiMatematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Bagus Juliyanto, S.Si., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Sien_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_9_Juli_25en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alya Khalif_191810101110.pdf
  Until 2028-08-07
1.23 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools