Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127385
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHIDAYAT, Indira Maharani-
dc.date.accessioned2025-07-16T02:21:07Z-
dc.date.available2025-07-16T02:21:07Z-
dc.date.issued2025-02-10-
dc.identifier.nim201710301069en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127385-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSingkong merupakan salah satu komoditas pertanian unggulan Indonesia yang diolah menjadi berbagai produk, salah satunya adalah tape singkong. Namun, tape singkong memiliki masa simpan pendek sehingga perlu dilakukannya inovasi produk. Penambahan singkong dalam kerupuk dapat digunakan sebagai usaha diversifikasi pangan. Kerupuk yang dikembangkan adalah kerupuk dari produk olahan tape. Tape singkong memiliki nutrisi yang baik dan antioksidan tinggi sehinga baik bagi kesehatan. Selain produk, peran desain kemasan juga sangat penting untuk membantu memperkenalkan produk ke konsumen serta mempertahankan kualitas produk Penelitian ini bertujuan mengetahui prioritas atribut kebutuhan konsumen dalam pengembangan produk dan desain kemasan kerupuk tape singkong, menghasilkan konsep terpilih beras dan kerupuk tape singkong, serta desain kemasannya berdasarkan value akhir tertinggi yang dihitung dari nilai performansi produk dan biaya produksi menggunakan metode value engineering. Metode ini menganalisis atribut produk seperti rasa, tekstur, warna, aroma dan bentuk serta desain kemasan untuk meningkatkan kualitas dan nilai produk. Penelitian dilakukan melalui tahapan informasi, kreatif, analisis, pengembangan, dan rekomendasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan prioritas atribut pengembangan kerupuk tape singkong dan desain kemasan berdasarkan tingkat kepentingan oleh konsumen adalah rasa, tekstur, bentuk, aroma dan warna. Sedangkan pada kemasan adalah desain grafis, pelabelan, bahan kemasan,utilitas, bentuk kemasan dan biaya Selain itu, dihasilkan konsep kerupuk tape singkong terpilih yaitu konsep 3 dengan formulasi bahan dasar dengan penambahan bubuk bawang putih 5 gram dan konsep 3 dengan penambahan bubuk cabai 5 gram. Dari segi desain kemasan, konsep 2 terpilih menjadi konsep terpilih dengan spesifikasi dengan bentuk standing pouch, terdapat bagian transparan, bahan kemasan kombinasi alumunium foil plastik, fitur resealable ziplock dan notch, serta memiliki kombinasi warna hijau, kuning dan hitam.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Teknologi Pertanianen_US
dc.subjectKerupuk Tape Singkongen_US
dc.subjectDesain Kemasanen_US
dc.subjectPengembangan Produken_US
dc.subjectValue Engineeringen_US
dc.titleAplikasi Value Engineering pada Pengembangan Produk Kerupuk Tape Singkongen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknologi Industri Pertanianen_US
dc.identifier.pembimbing1Andi Eko Wiyono, S.TP.,M.Pen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr.Nita Kuswardhani, S.TP., M.Eng.,IPMen_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Indira Maharani Hidayat.pdf
  Until 2030-02-10
Indira Maharani Hidayat_2017103010693.75 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools