Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127025
Title: Pengembangan Model Pembelajaran STEAMRel-PBL Dilengkapi E-Authentic Assessment untuk Mencapai Dimensi P3 Bertakwa kepada Tuhan YME dan Bernalar Kritis
Authors: Setiowati, Wiwin
Keywords: E-Authentic Assessment
Pembelajaran STEAMRel-PBL
Mencapai Dimensi P3
Issue Date: 20-Jan-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran STEAMRel-PBL (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics, and Religion dipadukan dengan Problem-Based Learning) yang dilengkapi dengan eauthentic assessment untuk meningkatkan dimensi profil Pelajar Pancasila, yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) dan bernalar kritis. Model pembelajaran ini dirancang untuk menjawab tantangan pembelajaran IPA di sekolah Islam terpadu yang kurang terintegrasi dengan nilai agama, cenderung berpusat pada guru dan kurang dalam penggunaan teknologi. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP berbasis keislaman di Jember. Validasi dilakukan oleh ahli dan guru sebagai pengguna, serta Uji skala kecil dilakukan pada kelompok siswa sebanyak 17 orang. Instrumen penelitian meliputi angket, lembar validasi, dan tes hasil belajar, sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STEAMRel-PBL yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi yang dilakukan oleh tiga validator memiliki rata-rata skor 87,39 (sangat valid) untuk modul ajar, 84,03 (valid) untuk buku panduan model pembelajaran, 84,03 (valid) untuk soal prestest, dan 90,63 (sangat valid) untuk angket siswa. Hasil kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dan respon guru serta observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh observer. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor 87,35 (sangat praktis) pada uji skala kecil, skor 92,5 (sangat praktis) pada uji skala kelas, skor 83,83 (praktis) pada desiminasi 1, dan 86,9 (sangat praktis) pada desiminasi 2. Keefektifan diperoleh berdasarkan nilai pretest-posttest . Skor N-Gain berada pada 0,6345 (sedang) pada uji skala kecil, 0,7035 (tinggi) pada uji skala kelas, 0,533 (sedang) pada uji desiminasi 1, dan 0,704 (tinggi) pada uji desiminasi Model ini mampu meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa serta memperkuat dimensi iman dan takwa terhadap Tuhan YME, khususnya pada elemen akhlak terhadap alam. Selain itu, integrasi nilai agama dalam pembelajaran membantu siswa memahami hubungan antara sains, teknologi, dan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengukuran capaian dimensi bertakwa terhadap Tuhan YME pada elemen akhlak terhadap alam menunjukkan rata-rata skor 91,1 (berkembang sesuai harapan) pada uji skala kecil, 86,88 (berkembang sesuai harapan) pada uji skala kelas, 75,04 (berkembang sesuai harapan) pada uji desiminasi 1, dan 83,75 (berkembang sesuai harapan) pada uji desiminasi 2.Hasil pengukuran capaian dimensi bernalar kritis siswa menunjukkan skor 80,15 (berkembang sesuai harapan) pada uji skala kecil, 80,42 (berkembang sesuai harapan) pada uji skala kelas, 73,59 (cukup berkembang) pada uji desiminasi 1, dan 85,13 (berkembang sesuai harapan) pada uji desiminasi 2. Kesimpulannya, model pembelajaran STEAMRel-PBL dilengkapi eauthentic assessment merupakan inovasi yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran IPA di sekolah – sekolah berbasis keislaman. Model ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk diterapkan secara luas dalam mendukung pembentukan karakter pelajar Pancasila.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127025
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-02-03
1.1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.