Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127006
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZULFA, Nur Aini-
dc.date.accessioned2025-07-02T08:24:38Z-
dc.date.available2025-07-02T08:24:38Z-
dc.date.issued2024-09-24-
dc.identifier.nim200910302006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127006-
dc.description.abstractAnak perlu diberi perlindungan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak agar tumbuh dan berkembang sehingga terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas. Hak-hak anak yang dilindungi salah satunya ialah hak untuk mendapatkan pendidikan. Namun kenyataannya masih banyak ditemui anak yang belum mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Mereka adalah anak putus sekolah ataupun anak yang tidak bisa sekolah dikarenakan faktor ekonomi keluarga. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui upaya yang dilakukan LKSA Nur Iman dalam memperjuangkan hak pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons, yang dikenal dengan skema AGIL. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan: penarikan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya LKSA Nur Iman dalam memperjuangkan hak pendidikan anak dapat dilihat dari adaptasi yang dilakukan oleh pihak yayasan baik itu secara operasional maupun lingkungan, tujuan yayasan yang sudah tercapai, integrasi yang dilakukan sudah sesuai dan latensi sekalipun pihak yayasan mempunyai aturan namun ketika terdapat suatu masalah yang berlawanan masih dapat diupayakan dengan cara diskusi antar pengurus. Hal ini terbukti bahwa ada anak yang tadinya putus sekolah dan akhirnya bisa melanjutkan sekolah kembali. Dengan demikian upaya yang dilakukan dalam memperjuangkan hak pendidikan anak dapat dikatakan berhasil.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Joko Mulyono, M.Si Nurina Adi Paramitha, S.Sos., M.Sosen_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectanak asuhen_US
dc.subjecthak pendidikan anaken_US
dc.subjectpanti asuhanen_US
dc.titleUpaya Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Nur Iman dalam Memperjuangkan Hak Pendidikan Anaken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSosiologien_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Joko Mulyono, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Nurina Adi Paramitha, S.Sos., M.Sosen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juli 2025en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 01en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NUR AINI ZULFA (200910302006).pdf
  Until 2029-12-04
1.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools