Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126989| Title: | Redesain Kapal Nelayan Menggunakan Motor Listrik sebagai Penggerak Utama |
| Authors: | ABDURRAHMAN, Isman Widad Daqoiqul Akbar Bin |
| Keywords: | redesain kapal nelayan konversi daya motor listrik hambatan kapal stabilitas kapal |
| Issue Date: | 23-Jan-2025 |
| Publisher: | Fakultas Teknik |
| Abstract: | Kelangkaan solar atau bahan bakar minyak (BBM) merupakan masalah serius bagi para nelayan di Indonesia. Nelayan sangat bergantung pada solar untuk menjalankan mesin perahu mereka, yang vital untuk mencari ikan di laut yang luas. Ketika solar sulit didapat atau harganya melambung tinggi, hal ini langsung menghantam pendapatan mereka karena biaya operasional yang meningkat. Akibatnya, banyak nelayan terpaksa mengurangi waktu mencari ikan atau bahkan tidak melaut sama sekali, memperburuk kondisi perekonomian mereka. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Konstruksi, Desain, dan Manufaktur, Fakultas Teknik, Universitas Jember, dari April hingga November 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan motor listrik sebagai penggerak utama pada kapal jukung, serta merancang desain rencana garis, tata letak umum, dan model 3D kapal jukung bertenaga listrik. Langkah-langkah penelitian mencakup identifikasi masalah, kajian literatur, pengumpulan data, pembuatan model lambung kapal, analisis teknis, dan pembuatan desain rencana garis, tata letak umum, model 3D, serta penyusunan kesimpulan. Proses desain kapal menggunakan metode parent design approach dengan data asli yang didapatkan dari perusahan PT. Blambangan Bahari Shipyard. Proses desain ini juga menggunakan pendekatan spiral desain, dengan mempertimbangkan owner requirement, wilayah operasional, serta regulasi dan standar baik nasional maupun internasional. Desain kapal jukung listrik memiliki panjang 11 meter, lebar 2,30 meter, tinggi lambung 1 meter, dan sarat air 0,5 meter. Hambatan kapal dihitung menggunakan metode Holtrop dengan hambatan sebesar 2,7 kN pada kecepatan servis maksimum. Motor yang dipilih adalah jenis motor PMSM (Permanen Magnet Synchronous Motor), dengan daya sebesar 25 kW / 33 Hp. Stabilitas yang telah memenuhi kriteria IMO (International Maritime Organization). |
| URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126989 |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Isman Widad Daqoiqul Akbar_201910701037.pdf Until 2029-02-01 | 917.65 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools