Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126989
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorABDURRAHMAN, Isman Widad Daqoiqul Akbar Bin-
dc.date.accessioned2025-07-02T03:27:19Z-
dc.date.available2025-07-02T03:27:19Z-
dc.date.issued2025-01-23-
dc.identifier.nim201910701037en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126989-
dc.description.abstractKelangkaan solar atau bahan bakar minyak (BBM) merupakan masalah serius bagi para nelayan di Indonesia. Nelayan sangat bergantung pada solar untuk menjalankan mesin perahu mereka, yang vital untuk mencari ikan di laut yang luas. Ketika solar sulit didapat atau harganya melambung tinggi, hal ini langsung menghantam pendapatan mereka karena biaya operasional yang meningkat. Akibatnya, banyak nelayan terpaksa mengurangi waktu mencari ikan atau bahkan tidak melaut sama sekali, memperburuk kondisi perekonomian mereka. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Konstruksi, Desain, dan Manufaktur, Fakultas Teknik, Universitas Jember, dari April hingga November 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan motor listrik sebagai penggerak utama pada kapal jukung, serta merancang desain rencana garis, tata letak umum, dan model 3D kapal jukung bertenaga listrik. Langkah-langkah penelitian mencakup identifikasi masalah, kajian literatur, pengumpulan data, pembuatan model lambung kapal, analisis teknis, dan pembuatan desain rencana garis, tata letak umum, model 3D, serta penyusunan kesimpulan. Proses desain kapal menggunakan metode parent design approach dengan data asli yang didapatkan dari perusahan PT. Blambangan Bahari Shipyard. Proses desain ini juga menggunakan pendekatan spiral desain, dengan mempertimbangkan owner requirement, wilayah operasional, serta regulasi dan standar baik nasional maupun internasional. Desain kapal jukung listrik memiliki panjang 11 meter, lebar 2,30 meter, tinggi lambung 1 meter, dan sarat air 0,5 meter. Hambatan kapal dihitung menggunakan metode Holtrop dengan hambatan sebesar 2,7 kN pada kecepatan servis maksimum. Motor yang dipilih adalah jenis motor PMSM (Permanen Magnet Synchronous Motor), dengan daya sebesar 25 kW / 33 Hp. Stabilitas yang telah memenuhi kriteria IMO (International Maritime Organization).en_US
dc.description.sponsorshipRudianto S.T., M.T. Ir. Hery Indria Dwi Puspita S.Si., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectredesainen_US
dc.subjectkapal nelayanen_US
dc.subjectkonversi dayaen_US
dc.subjectmotor listriken_US
dc.subjecthambatan kapalen_US
dc.subjectstabilitas kapalen_US
dc.titleRedesain Kapal Nelayan Menggunakan Motor Listrik sebagai Penggerak Utamaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Konstruksi Perkapalanen_US
dc.identifier.pembimbing1Rudianto, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ir. Hery Indria Dwi Puspita S.Si., M.Ten_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 01en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Isman Widad Daqoiqul Akbar_201910701037.pdf
  Until 2029-02-01
917.65 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools