Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126963
Title: Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pembelian Rokok Berbahan Tembakau Reconstitute
Authors: WARDANI, Tiara Sukma
Keywords: Pengaruh Promosi
Kualitas Produk
Citra Merek
Kepuasan Konsumen
Pembelian Rokok
Tembakau Reconstitute
Issue Date: 26-Nov-2024
Publisher: Fakultas Pertanian
Abstract: PT. Natobin Tobacco Internasional mengelola tembakau reconstitute di Bondowoso, yang merupakan produk olahan dari limbah daun tembakau. Namun, tembakau reconstitute belum banyak dikenal dan harganya ekonomis. Jenis rokok yang menggunakan tembakau reconstitute yaitu rokok dengan merek esse dan juara. Fenomena yang muncul pada dasarnya berhubungan dengan akses pasar berkaitan dengan produk rokok yang mengandung tembakau reconstitute PT. Natobin Tobacco Internasional melakukan edukasi pasar baik secara digital melalui website dan juga melalui pembentukan jaringan pasar offline, konsumen pada umumnya tidak mengetahui rokok tersebut tergolong dalam rokok yang mengandung tembakau reconstitute. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling, teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Sebanyak 40 sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan faktor-faktor promosi, kualitas produk, dan citra merek. Selain itu juga menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis regresi linier berganda mengenai pengaruh promosi, kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pada pembelian rokok berbahan tembakau reconstitute yaitu berpengaruh nyata. Adapun variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian rokok berbahan tembakau reconstitute yaitu citra merek. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan yaitu promosi dan kualitas produk. Berdasarkan hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu nilai CSI pada produk rokok yang mengandung reconstitute yaitu sebesar 76,73%. Nilai yang diperoleh terletak pada rentang 0,66-0,80 yang mengartikan bahwa indeks kepuasan konsumen termasuk pada kriteria “puas”.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126963
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc repository.pdf
  Until 2029-05-03
1.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools