Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126818
Title: Pengaruh Media PhET (Physics Education Technology) pada Pembelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Tanggul Wetan 02
Authors: BARIF, Zidni Alfian
Keywords: Pembelajaran IPAS
Hasil Belajar
Media PhET (Physics Education Technology)
Issue Date: 19-Aug-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media PhET (Physics Education Technology) pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tanggul Wetan 02. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test dengan subjek penelitian sebanyak 48 peserta didik. Analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 51,14 dan 66,66, sedangkan rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 49,16 dan 75,52. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai t-hitung sebesar 5,545 dan nilai t-tabel sebesar 1,679, sehingga diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (5,545 > 1,679). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media PhET (Physics Education Technology) pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tanggul Wetan 02.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 26 Juni 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126818
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
200210204094.pdf
  Until 2030-06-26
Zidni Alfian Barif_2002102040941.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools