Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126818
Title: | Pengaruh Media PhET (Physics Education Technology) pada Pembelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Tanggul Wetan 02 |
Authors: | BARIF, Zidni Alfian |
Keywords: | Pembelajaran IPAS Hasil Belajar Media PhET (Physics Education Technology) |
Issue Date: | 19-Aug-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media PhET (Physics Education Technology) pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tanggul Wetan 02. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test dengan subjek penelitian sebanyak 48 peserta didik. Analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 51,14 dan 66,66, sedangkan rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 49,16 dan 75,52. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai t-hitung sebesar 5,545 dan nilai t-tabel sebesar 1,679, sehingga diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (5,545 > 1,679). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media PhET (Physics Education Technology) pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tanggul Wetan 02. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 26 Juni 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126818 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
200210204094.pdf Until 2030-06-26 | Zidni Alfian Barif_200210204094 | 1.73 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools