Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126504
Title: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang
Authors: RACHMAWATI, Rizka Alvina
Keywords: Pertanian
Sayur Organik
Bauran Pemasaran
SEM-PLS
Perilaku Konsumen
Issue Date: 3-Jul-2023
Publisher: Fakultas Pertanian
Abstract: Sektor pertanian dapat menyumbangkan produksi yang dihasilkan dari berbagai subsektor pertanian, yaitu subsektor tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan, perikanan, dan kehutanan yang dikembangkan melalui kegiatan usahatani. Salah satu kegiatan usahatani banyak dilakukan pada subsektor hortikultura. Hortikultura merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern yang saat ini sedang dikembangkan. Hortikultura yang telah berkembang saat ini telah menambah pemfokusan tanaman yang dibudidayakan terutama sayuran. Budidaya sayuran sebagai salah satu bentuk usahatani memiliki nilai komersial yang cukup tinggi serta memiliki fungsi ekonomi sumber pendapatan dan nilai tambah bagi pembangunan nasional. Indonesia memiliki peluang yang besar dalam mengembangkan produksi sayuran sehingga mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat. Peningkatan konsumsi sayuran masyarakat Indonesia dapat dipenuhi dengan ketersediaan sayur yang memadai yang dihasilkan melalui kegiatan panen secara optimal pada sistem pertanian berkelanjutan yang dilakukan oleh petani, salah satunya melalui pertanian organik. Salah satu produk pertanian organik adalah sayur organik yang memiliki sifat ramah lingkungan sehingga memiliki keunggulan dari segi kualitas dan manfaat dibanding produk sayuran anorganik. Adanya peralihan hidup sehat oleh konsumen memberikan dampak pada pertambahan luas panen pertanian organik. Salah satu daerah yang mengikuti pesatnya perkembangan sistem pertanian organik di Indonesia adalah Jawa Timur, termasuk Kota Malang. Salah satu lokasi yang berada di Kota Malang dan melakukan budidaya sayur organik adalah CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Bentuk usaha yang dijalankan perusahaan tidak hanya berfokus pada keuntungan, tetapi juga pada tujuan, visi dan misi yang telah dikembangkan oleh pemilik sejak tahun 2006. Persaingan usaha sejenis di sekitar wilayah Kota Malang menjadi salah satu fenomena yang ditemukan pada aspek pemasaran. Keberadaan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm tentu harus memiliki ciri khas perusahaan sebagai pemasok sayur organik agar tetap dapat bersaing di pasaran, salah satunya melakukan pengoptimalan strategi pemasaran melalui bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi, dan tempat. Berdasarkan fenomena munculnya pesaing dengan usaha sejenis di Kota Malang maka peneliti ingin mengetahui: (1) karakteristik konsumen sayur organik pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang, (2) proses keputusan pembelian sayur organik pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang, (3) pengaruh persepsi product, price, promotion, dan place terhadap keputusan pembelian sayur organik pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan metode purposive methode di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode dalam penelitian adalah deskriptif dan analitik dengan alat analisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan Microsoft Excel, serta analisis SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS3. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis SEM-PLS variabel produk, harga, dan tempat memiliki pengaruh secara signifikan, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sayur organik pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang. Berdasarkan hipotesis ketiga dalam penelitian yaitu “variabel promosi (promotion) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang” ditolak, dimana didapatkan T-statistik sebesar 1,203 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,146. Nilai T-statistik tersebut lebih kecil dari nilai T tabel (1,664) yang membuat H3 ditolak. Variabel yang berpengaruh paling tinggi adalah variabel tempat dengan nilai koefisien sebesar 0,432, variabel harga sebesar 0,238, variabel produk sebesar 0,167, dan variabel promosi sebsar 0,146. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat memiliki pengaruh sebesar 67,9% terhadap keputusan pembelian konsumen sayur organik dan sisanya sebesar 32,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Description: Validasi_firli_3_Juni_25 ::: Finalisasi unggah file repositori tanggal 10 Juni 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126504
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NASKAH SKRIPSI_RIZKA ALVINA RACHMAWATI_191510601025.pdf
  Until 2028-08-03
RIZKA ALVINA RACHMAWATI_1915106010252.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools