Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126467
Title: | Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan SDN PUJERBARU 2 Bondowoso |
Authors: | WULANDARI, Trianita |
Keywords: | HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING |
Issue Date: | 25-Aug-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini berencana agar lebih mengembangkan hasil belajar untuk siswa kelas 5 SD dengan materi tema udara bersih bagi kesehatan. Jenis penelitian menggunakan PTK sebanyak 2 siklus. Menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subyek penelitian kelas 5 berjumlah 21 siswa tahun ajaran 2022/2023 pada semester genap. Metode pengumpulan informasi memakai soal tes objektif. Hasil tindakan memperlihatkan ada peningkatan hasil belajar setelah kegiatan siklus. Dapat diamati dari hasil belajar prasiklus yaitu terdapat 1 atau 4,77% siswa tuntas dan 20 atau 95,23 siswa belum tuntas dalam hasil belajarnya dengan rata-rata nilai sebesar 62,04. Pada kegiatan siklus I terjadi peningkatan yaitu terdapat 8 atau 38,09% siswa tuntas dan 13 atau 61,90 siswa belum tuntas dalam hasil belajarnya dengan kkm sebesar 66,33. Kemudian, dengan kegiatan siklus II terjadi peningkatan yaitu terdapat 15 atau 71,42 siswa tuntas dan 6 atau 28,57 siswa belum tuntas dalam hasil belajarnya dengan kkm sebesar 72,71 pada kkm kelas V sebesar ≥70. Dari hasil tindakan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl 4 Juni 2025 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126467 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools