Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126444
Title: | Pemanfaatan Sarana Pendidikan di TK Plus Al Hujjah Jember |
Authors: | KHOIRIYAH, Ning |
Keywords: | Sarana Pendidikan TK Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Sekolah |
Issue Date: | 4-Jul-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan sarana pendidikan di TK Plus Al-Hujjah Jember, dengan fokus pada masalah penggunaan sarana yang kurang optimal dan hanya aktif saat pengecekan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP). Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan, melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta analisis dokumen terkait. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kajian mengenai pemanfaatan sarana pendidikan di TK Plus Al-Hujjah Jember meliputi beberapa aspek, yakni responsif terhadap kebutuhan kelas dan tingkatan, kesesuaian dengan tujuan pendidikan, dampak diferensiasi pada pembelajaran, peran siswa dalam pemeliharaan dan penggunaan, efisiensi penggunaan sarana, kelebihan dan kekurangan dalam pemanfaatan sarana pendidikan, dan evaluasi efektifitas pemanfaatan. Hasilnya menunjukkan tantangan utama dalam pemanfaatan sarana meliputi responsivitas terhadap kebutuhan kelas yang belum optimal, penggunaan alat permainan edukatif (APE) yang terbatas pada alat yang ada di kelas, serta keterlibatan siswa yang minim dalam pemanfaatan tanpa adanya SOP yang jelas. Selain itu, efisiensi penggunaan APE juga belum maksimal, dengan beberapa alat tidak digunakan sepenuhnya dan persiapan sering terlambat. Ketiadaan evaluasi formal mengindikasikan kekurangan dalam penilaian efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sarana pendidikan. Untuk meningkatkan efektivitas, disarankan perbaikan dalam pengelolaan APE, peningkatan keterlibatan siswa dalam bentuk aturan main, dan penerapan evaluasi rutin. TK Plus Al Hujjah cukup berhasil dalam penyesuaian pemanfaatan sarana pendidikan dengan visi sekolah, khususnya dalam hal keagamaan. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 Juni 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126444 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Ning Khoiriyah.pdf Until 2029-03-17 | Ning Khoiriyah_190210205052 | 837.35 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools