Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126399
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorALIN, Moh. Naufal-
dc.date.accessioned2025-05-23T02:14:37Z-
dc.date.available2025-05-23T02:14:37Z-
dc.date.issued2023-06-30-
dc.identifier.nim160810201235en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126399-
dc.descriptionValidasi_firli_20_Mei_25 :::Finalisasi unggah file repositori tanggal 23 Mei 2025_Kurnadi :::en_US
dc.description.abstractPertumbuhan sektor properti di Indonesia menunjukkan pemulihan signifikan pasca pandemi COVID-19, mendorong peningkatan permintaan produk konstruksi seperti paving block. Penelitian ini menganalisis tingkat kecacatan produk dan faktor penyebabnya pada UD Hakiki Batako & Paving, sebuah produsen paving block. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi apakah tingkat produk cacat masih dalam batas toleransi serta mengidentifikasi faktor dominan yang memengaruhi kualitas produksi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Simple Random Sampling terhadap 200 sampel paving block harian. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder meliputi catatan perusahaan dan struktur organisasi. Analisis dilakukan dengan peta kendali P (p-chart) untuk mengukur variasi kecacatan, diagram sebab-akibat (Fishbone Diagram) untuk mengidentifikasi faktor penyebab, dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk menentukan prioritas perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecacatan produk masih dalam batas kendali, dengan peta kendali P berada di antara Upper Control Limit (UCL) dan Lower Control Limit (LCL). Analisis Fishbone Diagram mengungkapkan bahwa faktor manusia (pekerja) dan lingkungan merupakan penyebab dominan kecacatan. Sementara itu, FMEA menunjukkan bahwa kurangnya kehati-hatian pekerja dalam mengangkut paving block menjadi risiko utama dengan Risk Priority Number (RPN) tertinggi (392). Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan pelatihan pekerja dan optimalisasi kondisi lingkungan produksi untuk meminimalkan kecacatan. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi industri serupa dalam meningkatkan kualitas produksi melalui pendekatan manajemen risiko.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Drs. Didik Pudjo Musmedi, M.Si DPA: Dr. Elok Sri Utami, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectManajemen Operasionalen_US
dc.subjectMetode Statistical Quality Controlen_US
dc.subjectKualitas Produken_US
dc.subjectPaving Blocken_US
dc.subjectFailure Mode Effect Analysisen_US
dc.titleAnalisis Pengendalian Kualitas Paving Block dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) dan Failure Mode Effect Analysis (Fmea) pada UD. Hakiki Batako & Pavingen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiManajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Didik Pudjo Musmedi, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Elok Sri Utami, M.Sien_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_20_Mei_25en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
160810201235.pdf
  Until 2028-08-02
MOH. NAUFAL ALIN_1608102012351.26 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools