Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126179
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANJANI, Anisa Fitri-
dc.date.accessioned2025-05-06T02:18:52Z-
dc.date.available2025-05-06T02:18:52Z-
dc.date.issued2023-04-04-
dc.identifier.nim191810101003en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126179-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 6 Mei 2025en_US
dc.description.abstractPendidikan di era digital sangat memanfaatkan teknologi dan informasi sebagai prasarana pembelajaran melalui aplikasi milik perguruan tinggi tertenu. Sister for Students (SFS) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh UPT-TIK Universitas Jember yang memiliki peran sangat penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran di Universitas Jember, sehingga perlu dilakukan analisis kualitas layanan aplikasi tersebut berdasarkan komentar oleh pengguna menggunakan analisis sentimen. Analisis sentimen merupakan klasifikasi teks yang dilakukan dengan tujuan memperoleh informasi dari pengguna mengenai kualitas layanan SFS. Masalah yang sering terjadi pada proses klasifikasi yaitu adanya data imbalance, salah satunya pada klasifikasi teks. SMOTE dilakukan untuk menangani data imbalance dengan cara membangkitkan data sintetis pada kelas minoritas, hal ini diharapkan agar kinerja klasifikasi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode klasifikasi Random Forest dan SMOTE dengan perbandingan proporsi splitting data 60: 40, 70: 30, 80: 20 dan 90: 10 untuk analisis sentimen pada ulasan aplikasi SFS. Data yang digunakan sebanyak 913 data dimana kelas positif sejumlah 363 dan negatif sejumlah 550. Hasil model terbaik yaitu model Random Forest menggunakan SMOTE dengan proporsi 90:10 dengan akurasi testing 98,9%, recall 100%, precision 96,7%, f1-score 98,3% dan nilai AUC sebesar 99,2%. Informasi yang diperoleh dari analisis sentimen SFS UNEJ diperoleh kata yang mengarah positif yaitu “bagus”, “mantap”, “keren”, “bantu”, “lumayan”, “lebihbaik”, “mudah”, “unej” dan “suka”. Kata yang mengarah pada sentimen negatif yaitu “eror”, “tidakbisa”, “presensi”, “jelek”, “update”, “ribet”, “sulit”, “forceclose” dan “qrcode”.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alamen_US
dc.subjectSMOTEen_US
dc.subjectRANDOM FORESTen_US
dc.subjectANALISIS SENTIMENen_US
dc.subjectSISTER FOR STUDENTSen_US
dc.titleImplementasi Random Forest Classifier menggunakan SMOTE untuk Analisis Sentimen Data Ulasan Aplikasi Sister for Students UNEJen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiMatematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dian Anggraeni, S.Si., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Prof. Drs. I Made Tirta, M.Sc., Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository_Anisa Fitri Anjani_191810101003_Skripsi.pdf
  Until 2028-04-04
1.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools