Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126120
Title: Hubungan Mutu Layanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo
Authors: WULANDARI, Dewi
Keywords: Kepuasaan Pasien
Mutu Layanan Keperawatan
Puskesmas
Issue Date: 1-Aug-2023
Publisher: Fakultas Keperawatan
Abstract: Mutu layanan keperawatan yang berkualitas tidak hanya dipengaruhi kecepatan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien, tetapi bagaimana perawat bisa membentuk interaksi komunikasi terapeutik pada pasien. Interaksi komunikasi yang baik, dapat memberikan rasa tenang dan nyaman bagi pasien ataupun keluarga. Kebutuhan pelayanan kesehatan pasien yang semakin kompleks, memerlukan layanan medis yang profesional dalam mengatasi masalah kesehatan. Layanan kesehatan juga berperan penting dalam memberikan layanan yang baik atau buruk kepada masyarakat, sehingga masyarakat sendiri dapat menilai apakah layanan kesehatan yang diterimanya sesuai dengan yang diharapkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya hubungan mutu layanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian desktiptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consequtive sampling dengan jumlah sampel 60 pasien rawat inap yang terbagi menjadi tiga ruangan yaitu ruang rawat inap Anggrek, Melati dan Mawar di puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner mutu layanan keperawatan dengan 7 indikator dan kepuasan pasien dengan 5 indikator. Analisis statistik yang digunakan adalah spearman’s rank dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu layanan keperawatan yang didapat dalam kategori baik dengan 83,3% dan kepuasan pasien didapat dalam kategori tinggi dengan 68,3%. Hasil uji statistik spearman’s rho menunjukkan hasil nilai P value sebesar 0,000 dan r 0,694 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang dapat diartikan terdapat hubungan yang kuat dan searah antara mutu layanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo. Layanan keperawatan di ruang rawat inap merupakan layanan inti dari layanan yang diberikan perawat pada setiap kebutuhan pasien. Pasien akan cenderung lebih mengharapkan layanan keperawatan yang baik dan efesien sehingga pasien merasakan nyaman dan puas. Kepuasan maupun ketidakpuasan pasien sangat berhubungan dengan persepsi perhatian pasien karena perhatian yang diberikan oleh perawat dapat dirasakan secara langsung oleh pasien, mulai dari awal pelayanan sampai akhir pelayanan keperawatan yang pasien dapatkan di ruang rawat inap. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan searah (positif) antara mutu layanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di puskesmas Arjasa Kabupaten Situbondo. Sebagai pemberi layanan keperawatan, perawat diharapkan mampu untuk terus meningkatkan mutu layanan keperawatan di semua intansi kesehatan untuk mencapai kepuasan yang diharapkan.
Description: Validasi_firli_28_April_25
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126120
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hubungan Mutu Layanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien.pdf
  Until 2028-07-21
1.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools