Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126020
Title: Hubungan antara Metacognitive Skill dengan Critical Thinking Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah melalui Penerapan Inquiry Based Learning
Authors: FITROH, Ummul
Keywords: Metacognitive Skill
Critical Thinking Skill
Inquiry Based Learning
Pembelajaran Sejarah
Issue Date: 25-Jun-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metacognitive skill dengan critical thinking skill peserta didik dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan inquiry based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN Jenggawah dan diambil 1 kelas sebagai sampel (XI-2) yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hubungan antara metacognitive skill dengan critical thinking skill diukur dengan melihat koefisien korelasi sebesar 0,621 yang tergolong kuat dan persamaan regresi linier Ŷ = 23,172 + 0,844X yang diperoleh dari hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan metakognitif dengan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan model inquiry based learning, yaitu linier, positif dan signifikan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126020
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI UMMUL REPOSITORY.pdf
  Until 2029-03-07
2.19 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools