Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125518
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSALSABILA-
dc.date.accessioned2025-02-25T02:18:05Z-
dc.date.available2025-02-25T02:18:05Z-
dc.date.issued2024-06-19-
dc.identifier.nim201710301049en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125518-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 25 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerum BULOG Cabang Jember menghadapi tantangan dalam memasarkan produk beras komersialnya yang berkualitas premium. Meski memiliki kadar broken kurang dari 20% dan quality control yang baik beras ini masih dihadapkan pada persepsi negatif dari konsumen yang mengaitkannya dengan beras subsidi (PSO) yang kualitasnya dianggap rendah. Persepsi ini menghambat upaya BULOG untuk memperkuat brand positioning dan meningkatkan brand awareness produk beras komersial mereka. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi posisi merek produk beras komersial BULOG dan menyusun strategi digital marketing yang efektif. Penelitian ini menggunakan dua metode analitis utama: Multi-Criteria Decision Making (MCDM) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode MCDM digunakan untuk memilih logo dan tagline yang paling sesuai berdasarkan kriteria tertentu, sedangkan metode AHP digunakan untuk menentukan prioritas strategi digital marketing yang efektif. Data diperoleh melalui wawancara dengan pihak internal BULOG dan survei konsumen untuk memahami persepsi dan preferensi mereka terhadap produk beras komersial BULOG. Penelitian ini merancang alternatif logo dan tagline baru untuk memperkuat brand positioning produk beras komersial BULOG. Berdasarkan hasil identifikasi target pasar produk beras komersial ini adalah menengah ke atas, Dimana positioningnya saat ini setara dengan beras Happy, Macan, Rajawali dengan keunikan harga yang lebih murah dan kualitas beras yang putih pulen berkomitmen dengan penggunaan beras yang berasal dari petani lokal. Perancangan logo dan tagline dirancang melalui hasil diskusi dengan para pakar terkait, seperti Ketua PMO Perum BULOG, wakil pimpinan cabang, dan asisten manager bisnis komersial. Berdasarkan metode MEMCDM logo yang terpilih adalah alternatif logo yang ketiga. Logo yang direkomendasikan adalah logo yang sederhana, mudah diingat, dan relevan dengan target audiens yang merupakan konsumen menengah ke atas dengan beras kualitas premium.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Yuli Wibowo., S.TP.,M.Si.,IPM DPA: Dr. Bambang Herry Purnomo., S.TP., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Teknologi Pertanianen_US
dc.subjectBrand Positioningen_US
dc.subjectDigital Marketingen_US
dc.subjectBULOGen_US
dc.subjectLogoen_US
dc.subjectTaglineen_US
dc.titleStrategi Brand Positioning Melalui Digital Marketing Produk Beras Komersial di Perum BULOG Cabang Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknologi Industri Pertanianen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Yuli Wibowo., S.TP.,M.Si.,IPMen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Bambang Herry Purnomo., S.TP., M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Februari 2025en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Salsabila_201710301049_Skripsi.pdf
  Until 2029-07-19
1.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools