Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125508
Title: | Pengembangan Paket Tes Geometri Pokok Bahasan Bangun Datar untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP |
Authors: | MASRUROH, Handariyatul |
Keywords: | FORMATIVE EVALUATION PAKET TES GEOMETRI PENALARAN MATEMATIS |
Issue Date: | 31-Jul-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket tes geometri pokok bahasan bangun datar untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif, serta untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan paket tes geometri pokok bahasan bangun datar. Penelitian ini mengkombinasikan penelitian pengembangan dan penelitian kualitatif. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah formative evalution yang terdiri dari enam tahap, yaitu: preliminary, self-evalution, expert review, one-to-one, small group dan field test. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, tes geometri, angket respon siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket tes geometri yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan uji kevalidan diperoleh hasil paket tes geometri yang dikembangkan valid yaitu valid secara logis oleh validator dan valid secara empiris melalui analisis butir soal. Berdasarkan uji kepraktisan diperoleh paket tes geometri yang dikembangkan praktis karena telah memenuhi beberapa kriteria yaitu tingkat reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan kepraktisan berdasarkan angket respon siswa. Berdasarkan uji keefektifan melalui hasil tes dan wawancara diperoleh paket tes geometri yang dikembangkan efektif karena tujuan paket tes geometri tercapai yaitu untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan bahwa siswa berkemampuan penalaran matematis tinggi secara umum mampu memenuhi enam aspek penalaran matematis yaitu analisis, menyatukan/sintesis, generalisasi, membenarkan, menarik kesimpulan, dan mengevaluasi. Siswa berkemampuan penalaran matematis sedang secara umum mampu memenuhi empat aspek penalaran yaitu analisis, menyatukan/sintesis, generalisasi, dan membenarkan. Siswa berkemampuan penalaran matematis rendah secara umum tidak mampu memenuhi aspek penalaran atau hanya mampu memenuhi satu aspek penalaran yaitu analisis. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl 25 Pebruari 2025 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125508 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Tesis Repository - Handariyatul Masruroh.pdf Until 2028-08-14 | 1.67 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.