Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125452
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHABIBAH, Isma Fitri Habibah-
dc.date.accessioned2025-02-20T01:45:12Z-
dc.date.available2025-02-20T01:45:12Z-
dc.date.issued2024-07-
dc.identifier.nim190910301aq138en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125452-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 20 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractJumlah penyandang disabilitas yang ada di Indonesia cukup tinggi dengan beberapa jenis disabilitas salah satunya disabilitas netra. Pemenuhan Hak bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan pendidikan sama belum maksimal, jumlah disabilitas yang bisa menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi masih minim. Belum meratanya perguruan tinggi inklusi menjadi salah satu penyebabnya. Universitas PGRI Argopuro Jember menjadi salah satu perguruan tinggi yang memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas yang ada di Jember, dengan kondisi sarana prasarana yang belum mendukung bagi mahasiswa disabilitas netra khususnya. Mahasiswa disabilitas netra harus beradaptasi dalam pembelajaran di Universitas PGRI Argopuro Jember. Penelitian ini berfokus pada proses adaptasi mahasiswa disabilitas netra dalam pembelajaran di Universitas PGRI Argopuro Jember. Metode yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis studi kasus dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Penentuan informan menggunakan metode perposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teori Miles dan Huberman dan triangulasi sumber digunakan untuk uji keabsahan data. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses adaptasi mahasiswa disabilitas netra dalam proses pembelajaran di Universitas PGRI Argopuro Jember berbeda berdasarkan kondisi psikologis mahasiswa penyandang disabilitas netra. kondisi psikologis yang baik menjadikan proses adaptasi yang baik, sedangkan kondisi psikologis yang tidak baik juga akan mengakibatkan proses adaptasi kurang baik. Menjadi mahasiswa dengan disabilitas netra mengalami permasalahan yang cukup kompleks, beberapa hambatan tidak dapat dihindarkan. Untuk dapat menyelesaikan hambatan yang dihadapi mahasiswa penyandang disabilitas netra, perlu adanya dukungan sosial dari lingkungan sekitarnya. Dukungan sosial yang diberikan diantaranya dukungan emosional, dukungan instrumental dan dukungan informasi.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Syeh Hariyono, M.Si Wahyuni Mayangsari, S.Sos.,M.Kesosen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Politiken_US
dc.subjectDISABILITAS NETRAen_US
dc.subjectINKLUSIen_US
dc.subjectADAPTASIen_US
dc.titleDukungan Sosial dalam Proses Adaptasi Mahasiswa Disabilitas Netra di Universitas PGRI Argopuro Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Kesejahteraan Sosialen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Syeh Hariyono, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Wahyuni Mayangsari, S.Sos., M.Kesosen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Februari 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2030-02-19
1.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools