Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125312
Title: | Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Desa Grenden untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP |
Authors: | ULANUARI, Riris Ajeng |
Keywords: | Model Pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation) E-Modul Pembelajaran IPA |
Issue Date: | 13-Jan-2025 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, tes (soal pretest-posttest), wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analyze, berisi analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis potensi lokal. Tahapan design merupakan langkah peneliti untuk merancang e-modul dan menyusun perangkat pendukung pembelajaran e-modul (ATP dan modul ajar), soal evaluasi (soal pretest-posttest) yang memuat indikator literasi dan berbasis potensi lokal desa Grenden. Tahap development, e-modul dan perangkat pembelajaran yang meliputi alur tujuan pembelajaran, modul ajar, dan evaluasi berupa soal pretest-posttest divalidasi oleh 3 validator ahli. Tahap implementation, dilakukan dengan mengujicobakan e-modul yang telah dikembangkan ke siswa dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir adalah evaluation, tahap ini digunakan untuk mengukur efektivitas e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden yang didapatkan dari hasil tes pretest-posttest sebagai data peningkatan literasi sains dan lembar angket respon siswa untuk memperoleh data analisis respon siswa setelah menggunakan produk. Analisis pengembangan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan 3 uji (uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan). Data validitas e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden memperoleh skor rata-rata 90,0% dari ketiga validator dengan kategori sangat valid. Kepraktisan penggunaan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden pada pembelajaran IPA memperoleh skor rata-rata 91,2% dengan kategori sangat praktis. E-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA, karena nilai N-gain yang diperoleh mencapai 0,71 dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan data angket respon siswa e-modul juga memperoleh respon yang positif dengan rata-rata skor mencapai 87,1% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa emodul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains siswa. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Februari 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125312 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Riris Ajeng Ulanuari_210210104119.pdf Until 2028-01-13 | 7.52 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools