Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125312
Title: Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Desa Grenden untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP
Authors: ULANUARI, Riris Ajeng
Keywords: Model Pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation)
E-Modul Pembelajaran IPA
Issue Date: 13-Jan-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, tes (soal pretest-posttest), wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analyze, berisi analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis potensi lokal. Tahapan design merupakan langkah peneliti untuk merancang e-modul dan menyusun perangkat pendukung pembelajaran e-modul (ATP dan modul ajar), soal evaluasi (soal pretest-posttest) yang memuat indikator literasi dan berbasis potensi lokal desa Grenden. Tahap development, e-modul dan perangkat pembelajaran yang meliputi alur tujuan pembelajaran, modul ajar, dan evaluasi berupa soal pretest-posttest divalidasi oleh 3 validator ahli. Tahap implementation, dilakukan dengan mengujicobakan e-modul yang telah dikembangkan ke siswa dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir adalah evaluation, tahap ini digunakan untuk mengukur efektivitas e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden yang didapatkan dari hasil tes pretest-posttest sebagai data peningkatan literasi sains dan lembar angket respon siswa untuk memperoleh data analisis respon siswa setelah menggunakan produk. Analisis pengembangan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan 3 uji (uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan). Data validitas e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden memperoleh skor rata-rata 90,0% dari ketiga validator dengan kategori sangat valid. Kepraktisan penggunaan e-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden pada pembelajaran IPA memperoleh skor rata-rata 91,2% dengan kategori sangat praktis. E-modul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA, karena nilai N-gain yang diperoleh mencapai 0,71 dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan data angket respon siswa e-modul juga memperoleh respon yang positif dengan rata-rata skor mencapai 87,1% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa emodul pembelajaran IPA berbasis potensi lokal desa Grenden layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Februari 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125312
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riris Ajeng Ulanuari_210210104119.pdf
  Until 2028-01-13
7.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools