Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125012
Title: Pengaruh Model Design-Based Learning Terhadap Computational Thinking Skill Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
Authors: KHASFIYATIN, Siti
Keywords: Design-Based Learning
Computational Thinking Skill
Pembelajaran IPA
Issue Date: 14-Oct-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Computational Thinking Skill merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang didefinisikan sebagai proses berpikir yang berfungsi untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks dengan cara yang sederhana. Computational Thinking merupakan bagian dari keterampilan kognitif seseorang yang terdiri dari proses mengidentifikasi pola, memecah masalah yang kompleks menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana, dan menciptakan serangkaian peluang untuk membangun solusi, kemudian membuat representasi data dengan menggunakan simulasi. Namun, computational thinking masih sedikit diintegrasikan di Indonesia, khususnya pada pembelajaran IPA SMP, padahal penerapan computational thinking sesuai dengan tuntutan kurikulum yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan sains dan matematika siswa dimana pembuatan soal didesain mirip dengan tes PISA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model design-based learning terhadap kemampuan computational thinking skill dan menguji peningkatan computational thinking skill pada pembelajaran IPA menggunakan design-based learning. Model pembelajaran berbasis desain atau yang biasa dikenal dengan design-based learning merupakan solusi atas rendahnya computational thinking peserta didik karena membantu peserta didik berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dan membantu diri mereka untuk lebih fokus dalam pembelajaran dengan menyajikan permasalahan dunia nyata kepada peserta didik yang mendorong peserta didik untuk merancang penyelesaian masalah. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Ajung. Waktu dilaksanakannya penelitian yaitu pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Ajung tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel terdiri dari dua kelas VIII yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam adalah nonequivalent control group design. Pengumpulan data penelitian utama berupa tes yaitu pre-test dan post-test untuk mengukur CTS siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tes berisi 5 butir soal uraian CTS materi cahaya dan alat optik yang setiap butirnya mencakup satu aspek CTS. Data penelitian pendukung yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan Independent Sample T-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa CTS kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Diketahui rerata pre-test kelas kontrol sebesar 11,87 dan post-test kelas kontrol sebesar 55,74. Sementara itu, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 12,13 dan post-test kelas eksperimen sebesar 68,91. Terdapat peningkatan CTS kelas eksperimen dari awalnya kriteria sangat rendah menjadi kriteria baik. Sedangkan hasil nilai pre-test dan post-test kelas kontrol menunjukkan adanya sedikit peningkatan CTS peserta didik dari awalnya kriteria sangat rendah menjadi kriteria cukup. Data nilai pretest dan posttest peserta didik selanjutnya dilakukan uji normalitas memperoleh nilai signifikansi > 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas memperoleh nilai signifikansi > 0,05 yang menunjukkan data bersifat homogen. Data selanjutnya dianalisis dengan Independent sample t-test dan uji t-pihak kanan. Berdasarkan tabel hasil Independent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2 tailed) 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t-pihak kanan terhadap CTS siswa diketahui bahwa nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (3,216 > 1,680) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan perbandingannya terjadi nilai rata-rata yang lebih baik pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran design-based learning berpengaruh secara signifikan terhadap computational thinking skill siswa SMP pada pembelajaran IPA
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125012
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
200210104129_Repository.pdf
  Until 2029-12-22
7.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools