Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124992
Title: Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Topik Menjaga Kesehatan Berbasis Kearifan Lokal pada Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Peserta Didik Kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang
Authors: WAHYUNINGSIH, Shintia Dwi
Keywords: Permainan Ular Tangga
Kearifan Lokal
Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana
Issue Date: 29-Nov-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga dengan topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal. Media ini digunakan untuk memotivasi peserta didik kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang untuk menulis kalimat sederhana. Media ini diintegrasikan dengan salah satu kearifan lokal Lumajang, yaitu pawon urip. Pawon urip merupakan sebuah budaya lokal Lumajang yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan sehat serta gotong royong. Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada peserta didik kelas II di sekolah tersebut, seperti: peserta didik mengalami kesulitan menulis kalimat sederhana dengan pola kalimat yang benar; kurangnya penggunaan huruf kapital yang tepat; dan media pembelajaran yang kurang inovatif, sehingga peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) bagaimana proses pengembangan media permainan ular tangga topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal pada keterampilan menulis kalimat sederhana peserta didik kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang?; dan (2) bagaimana tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media permainan ular tangga topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal pada keterampilan menulis kalimat sederhana peserta didik kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang?. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui proses pengembangan media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal dan mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media tersebut pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket respons, tes hasil belajar, dan validasi dari para ahli. Validasi dilakukan oleh dosen ahli media dan bahasa, serta guru kelas. Hasil pengembangan media permainan ular tangga topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal Lumajang yaitu validitas media dengan tahap validasi oleh dua ahli (bahasa dan materi) memperoleh skor 93,3. Hasil keefektifan dengan tes hasil belajar yaitu 85,71% dengan kategori sangat efektif. Hasil kepraktisan dengan angket respons peserta didik memperoleh skor 90. Produk media ular tangga dinilai sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli bahasa dan materi. Hasil tes menunjukkan bahwa permainan ular tangga ini efektif dalam membantu peserta didik menulis kalimat sederhana. Media ini dinilai praktis dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal dapat menjadi alat yang valid, efektif, dan praktis dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana bagi peserta didik kelas II.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Januari 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124992
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repo.pdf
  Until 2028-11-29
Shintia Dwi Wahyuningsih7.78 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools