Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124867
Title: Keperawatan Pasien Pneumonia dengan Pola Napas Tidak Efektif yang Mendapatkan High Flow Nasal Cannula di RSUD Bangil
Authors: SULISTIANI, Dyah
Keywords: Keperawatan Pasien Pneumonia
Pola Napas Tidak Efektif
High Flow Nasal Cannula
Issue Date: 10-Jun-2024
Publisher: Fakultas Keperawatan
Abstract: Pneumonia merupakan penyakit infeksi akut yang terjadi pada jaringan (paru-paru) tepatnya di alveoli yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, termasuk bakteri, virus, jamur, dan lainnya. Pneumonia menyumbang 28% dari semua kematian orang dewasa. Penanganan oksigenasi pada pneumonia meliputi pemberian oksigen yang terkontrol. Salah satunya dengan penggunaan High Flow Nasal Cannula (HFNC). Tujuan: Untuk mengidentifikasi perubahan frekuensi pernapasan pada pasien pnemonia yang mengalami pola napas tidak efektif setelah diberikan High Flow Nasal Cannula (HFNC). Metode: Penelitian ini menerapkan studi kasus pada penderita pneumonia yang terpasang High Flow Nasal Cannula (HFNC) di ruang perawatan insensif selama 3x24 jam. Hasil: Asuhan keperawatan dengan pemberian High Flow Nasal Cannula (HFNC) terhadap perubahan frekuensi pernapasan, saturasi oksigen, bunyi napas tambahan, dan pola napas (cepat/lambat, regular/ireguler, dalam/dalam) pada pasien pneumonia dengan pola napas tidak efektif berdampak positif. Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian High Flow Nasal Cannula (HFNC) terhadap perubahan frekuensi pernapasan, saturasi oksigen, bunyi napas tambahan, dan pola napas (cepat/lambat, regular/ireguler, dalam/dalam) pada pasien pneumonia dengan pola napas tidak efektif.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Januari 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124867
Appears in Collections:Diploma Programme - Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DYAH SULISTIANI_212303102009.pdf
  Until 2028-10-01
5.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.