Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124671
Title: | Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Komik Andro-Web Pokok Bahasan Gas Ideal terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA |
Authors: | PUTRI, Sal Sabila Wardahtuz Tarita |
Keywords: | Komik Andro-web Bahasan Gas Ideal Literasi Sains |
Issue Date: | 19-Jul-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang memberikan pengetahuan tentang alam semesta untuk berlatih berpikir dan bernalar, melalui penalaran seseorang yang terus dilatih sehingga semakin berkembang, maka orang tersebut akan bertambah daya pikir dan pengetahuannya. Materi yang dipelajari dalam pembelajaran fisika salah satunya adalah gas ideal. Pembelajaran mengenai gas ideal siswa dituntut untuk mengembangkan berpikir dan bernalar. Hal tersebut dikarenakan materi gas ideal merupakan materi yang tidak kasat mata sehingga diperlukannya imajinasi yang tepat agar tidak terjadi miskonsepsi. Pada saat ini selain kemampuan berpikir dan bernalar, diperlukannya kemampuan berliterasi sains. Untuk dapat mengoptimalkan kemampuan literasi sains siswa, perlu ketepatan dalam memilih bahan ajar. Hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas XI SMAN Pakusari diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran di kelas guru cenderung menggunakan buku LKS yang bersifat informatif dan kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi untuk membaca dan mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, peneliti ingin menajikan alternatif modul pembelajaran berupa modul berbasis komik andro-web materi gas ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh modul berbasis komik andro-web terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa SMA materi gas ideal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Post - test Only Control Group Design. Tempat penelitian dilaksanakan di SMAN Pakusari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember tahun ajaran 2023/2024. Kelas sampel ditentukan dengan uji homogenitas untuk mengetahui variasi siswa kelas XI melalui nilai rapor UTS semester ganjil kelas XI mata pelajaran fisika. Pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa dikaji menggunakan uji normalitas dan uji-t berbantuan SPSS 23. . Hasil literasi sains yang diperoleh melalui post-test menujukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 73,93, sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 80,87. Kedua hasil post-test tersebut diolah menggunakan analisis statistik uji-t berbantuan SPSS 23. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2- tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,001 yang artinya ada pengaruh signifikan modul berbasis komik andro-web terhadap literasi sains siswa SMA. Hasil belajar siswa yang diperoleh menujukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 68,9, sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 77,58. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,04 yang artinya ada pengaruh signifikan modul berbasis komik andro-web terhadap hasil belajar siswa SMA. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan modul berbasis komik andro-web materi gas ideal terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa SMA. Pembelajaran fisika materi gas ideal menggunakan modul berbasis komik andro-web diharapkan dapat menambah referensi penyampaian materi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 16 Desember 2024_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124671 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Repositor_Sal Sabila Wardahtuz.pdf Until 2028-11-14 | 2.72 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools