Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124617
Title: Transaksi Jual Beli Kendaraan Bermotor di Showroom Bambang Sport Kabupaten Banyuwangi: Suatu Kajian Etnografi Komunikasi
Authors: SAGITA, Fatmathul Hoiriyah
Keywords: ETNOGRAFI KOMUNIKASI
TEMA BUDAYA
DIREKTIF
TRANSAKSI JUAL BELI
Issue Date: 1-Jul-2024
Publisher: Fakultas Ilmu Budaya
Abstract: Showroom adalah suatu tempat yang tidak lain merupakan terjadinya transaksi jual beli kendaraan bemotor bekas yang merupakan terjadinya pranata yang sistem normatif dalam mengatur rangkaian perilaku beroola untuk memenuhi kebutuhan khusus manusia dalam bermasyarakat (Koentjaraningrat, 2009:133). Salah satu jenis pranata tersebut adalah pranata ekonomi seperti Showroom Bambang Sport Kabupaten Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan transaksi jual beli kendaraan bermotor secara kredit dan kontan di Showroom Bambang Sport Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif model etnografi spardley. Hasil peneloitian ini adalah transaksi jual beli antara konsumen dan pemilik showroom membentuk pola komunikasi yang dialogis direktif-ekspresif. Kontruksi tema budaya dari aktivitas komunikasi transaksi jual beli ini adalah bahwa aktivitas transaksi akan efektif dan berjalan lancar apabila pemilik showroom menguasai keseluruhan informasi terkait produk yang dijual dan memiliki ketrampilana dalam berkomunikasi dengan konsumen.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 25 November 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124617
Appears in Collections:UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-07-03
1.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools