Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124564
Title: | Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP |
Authors: | SOESENO, Kanat Taqiyya |
Keywords: | Pengembangan Lembar Kerja Siswa Realistic Mathematics Education (RME) Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) |
Issue Date: | 3-Oct-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | TKemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan siswa yang harus dikembangkan pada abad 21. Kemampuan ini dipengaruhi oleh keterlibatan siswa pada proses pembelajaran matematika. Guru diharapkan mampu menciptakan kegiatan pembelajaran dimana siswa terlibat aktif dengan cara menggunakan pendekatan, metode, strategi yang sesuai dengan kondisi kelas. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mampu mendorong keaktifan siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan RME merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan konsep matematika dengan realitas kehidupan. Untuk menerapkan pendekatan ini, guru juga membutuhkan bahan ajar, yaitu salah satunya lembar kerja siswa (LKS). LKS dapat menjadi alternatif lain yang mempermudah siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta terlibat aktif dalam proses berpikir kritis. Akan tetapi, pada kenyataannya LKS yang bertujuan memfasilitasi siswa dalam kegiatan pembelajaran masih terbatas dan LKS yang digunakan tidak menarik dari segi penyajian. Hal ini mengakibatkan siswa tidak mampu menemukan sendiri konsep-konsep terkait materi yang dipelajari dan tidak tertarik untuk mempelajari LKS. Oleh karena itu, guru diharapkan mampu membuat LKS yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses dan hasil pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan atau dikenal sebagai model 4-D (four-D model) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Tempat pelaksanaan uji coba penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Situbondo dengan subjek uji cobanya adalah siswa kelas VIII E yang terdiri dari 29 siswa. Uji coba ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, yaitu pada tanggal 21, 23, 28, dan 30 November 2023. Hasil pengembangan LKS pada penelitian ini menunjukkan bahwa LKS telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan LKS diperoleh dari uji validasi yang dilakukan oleh tiga validator dengan nilai Va sebesar 2,86 dan dapat dikategorikan valid. Kepraktisan LKS diperoleh dari angket respon siswa dengan persentase sebesar 95% yang tergolong sangat praktis dan hasil wawancara guru dengan persentase respon positif sebesar 100% yang tergolong sangat baik. Keefektifan LKS diperoleh dari hasil belajar siswa yang telah tuntas secara klaksikal karena jumlah siswa yang tuntas KKM sebesar 68,97%. Selain itu, hasil belajar siswa juga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa hingga diperoleh 4 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong rendah, 2 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong sedang, 5 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong tinggi, dan 18 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong sangat tinggi. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 November 2024_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124564 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Kanat Taqiyya Soeseno_190210101005_Skripsi Repository.pdf Until 2028-11-06 | 818.63 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools