Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124544
Title: | Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Tehadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Bataan 01 Bondowoso |
Authors: | PUTERI, Rizqi Desita |
Keywords: | Problem Based Learning Hasil Belajar IPA Kabupaten Bondowoso |
Issue Date: | 31-Jul-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pengaruh Model pembelajaran PBL adalah model pembelajaran yang berfokus kepada siswa dengan memberikan permasalahan yang memacu siswa untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hasil belajar berkaitan degan pengetahuan yang telah dipelajari, pencapaian hasil belajar mengarah pada nilai positif yang didapatkan. Namun pada kenyataannya hasil belajar siswa masih belum mencapai standar yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Hasil belajar kurikulum Merdeka lebih mengedepankan kekuatan karakter sebagai nilai yang dikembangkan, karakter yang menjadi fokus diantara adalah memiliki karakter sebagai pelajar Pancasila. Untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dalam penguasaan cara atau model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep mata pelajaran yang akan disampaikan salah satunya penerapan model yang mendukung yaitu model pembelajaran PBL khususnya untuk kelas V SD, sehingga dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar, siswa diajak untuk belajar berkelompok untuk menyelesaikan suatu masalah dan mengemukakannya sehingga membuat siswa lebih aktif, mandiri dan percaya diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar pada siswa kelas V SDN Bataan 01 Bondowoso”. Penelitian ini menggunakan bentuk desain Quasi Experimental Design. Pada Quasi Experimental Design ini diperlukan adanya treatment yang biasanya ditujukan kepada kelas eksperimen dan diharapkan treatment ini dapat memberikan hasil yang berbeda, artinya jauh lebih baik daripada kelas control dengan subjek 25 siswa kelas v di SDN Bataan 01 Bondowoso. Hasil analisis t (t-test) menunjukkan ada pengaruh atau perbedaan antara satu variabel terhadap variabel lainnya. Hal ini belum menunjukkan seberapa besar keefektifan relatif yang dicapai oleh suatu kelompok dibandingkan dengan kelompok lainnya. Oleh karena itu, hasil uji t (t-test) masih perlu dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada IPAS. Hal tersebut didasarkan pada hasil hipotesis posttest melalaui uji-t dengan nilai thitung = 3.14 dan ttabel = 1.99, sehingga H1 dapat diterima karena nilai thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (diskusi dan tanya jawab). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Saran yang dapat disampaikan adalah Dalam penerapan model PBL selanjutnya diharapkan peneliti mampu mengkombinasikan dengan metode lain untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 November 2024_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124544 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RIZQI DESITA PUTERI_170210204035.pdf Until 2028-01-31 | 1.31 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools