Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124456
Title: Pengaruh APE Scrabble terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang
Authors: NOVIYANTI, Nenny
Keywords: APE Scrabble
Taman Kanak Kanak
Issue Date: 25-Jul-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Potensi anak usia dini sangat penting untuk diberikan stimulus pendidikan yang mencangkup aspek sosial emosional, perkembangan kognitif, fisik motorik, seni, aspek nilai agama dan moral serta aspek bahasa. Maka dari itu masa emas ini anak akan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari enam perkembangan tersebut salah satu aspek yang penting yaitu perkembangan bahasa anak. Di lembaga TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi ditemukan masalah yaitu perkembangan bahasa anak masih rendah, masih ada yang mengalami kesulitan terkait perkembangan bahasa dan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Untuk itu perlu digunakan media pembelajaran APE scrabble dalam tercapainya kemampuan bahasa anak. Pada kegiatan bermain APE scrabble ini anak-anak akan bermain secara berkelompok yang terdiri dari 4-5 anak lalu setiap kelompok akan menyusun kata dari kepingan huruf secara bergantian dan bekerja sama. Berdasarkan penjabaran latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah,” Adakah Pengaruh APE Scrabble Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang?” Pola penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental (eksperimental semu) dengan desain Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini yaitu anak-anak kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang dengan jumlah 46 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan AprilMei 2024 dengan kegiatan meliputi: pemberian tes awal sebelum perlakuan (pretest), perlakuan (treatment), pemberian tes sesudah perlakuan (posttest). Alat pada penelitian ini berupa lembar observasi untuk melakukan penilaian terhada indikator yang akan dievaluasi. Indikator-indikator yang akan dinilai mengenai kemampuan bahasa anak antara lain 1) Anak mampu mengenal masingmasing bunyi huruf, 2) Anak mampu diajak berdialog sederhana, 3) Anak mampu menyimak perkataan orang lain, 4) Anak mampu menulis dan mengucapkan huruf A-Z. 5) Anak mampu menceritakan kembali pengalaman bermain, 6) Anak mampu menyebutkan kata-kata yang dikenal. Hasil penelitian pada kegiatan pretest nilai pada kelompok eksperimen sebesar 64,37 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 62,89. Kemudian pada kegiatan posttest nilai pada kelompok eksperimen sebesar 82,42 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 82,32. Pada teknik analisis data diperoleh hasil nilai thitung sebesar 0,419. Hasil tersebut selanjutnya akan dikonsultasikan pada tabel dengan t-tabel= 2,110 sehingga dapat dikatakan bahwa t-hitung < t-tabel yaitu 0,491 < 2,110. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh APE scrabble terhadap kemampuan bahasa anak kelompok A di TK Muslimat NU Salafiyah Pandanwangi Kabupaten Lumajang.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124456
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository Nenny.pdf
  Until 2028-07-26
Nenny Noviyanti849.57 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools