Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124408
Title: Perbandingan Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Pandu Cakti Kabupaten Tulungagung
Authors: SAPUTRA, Faiz Adnan
Keywords: Pembuatan Akta Kelahiran
Pelayanan Publik
Kabupaten Tulungagung
Pencatatan Sipil
Issue Date: 24-Jul-2024
Publisher: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu instansi di Kabupaten Tulungagung yang menjadi unsur pelaksana serta bertanggung jawab dalam pengelolaan data kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung. Setiap penyelenggaraan pelayanan publik khususnya pelayanan administrasi kependudukan pemerintah berupaya melakukan berbagai inovasi pelayanan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan publik. Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung sebagai pemberi pelayanan publik dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat. Berbagai cara dilakukan seperti menghadirkan bentuk inovasi pelayanan alternatif Pandu Cakti yang merupakan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang tersedia di kantor desa atau kelurahan di wilayah Kabupaten Tulungagung. Pandu Cakti menyediakan pelayanan seperti kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, dan kartu identitas anak. Pelayanan alternatif ini mempermudah masyarakat tanpa perlu datang ke kantor dispendukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil cukup datang ke kantor desa dengan membawa berkas persyaratan yang diperlukan. Pelayanan adminduk Pandu Cakti mirip dengan layanan konvensional yang ada pada kantor terutama dalam hal peralatan yang digunakan, produk pelayanan, standar pelayanan, waktu pelayanan, dan pertanggungjawaban yang sama. Namun, terdapat perbedaan pada persepsi pengguna layanan konvensional di Kantor Dispendukcapil dengan layanan alternatif Pandu Cakti Kabupaten Tulungagung hal tersebut dapat dilihat dari komentar-komentar di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif dimana untuk pengukuran dalam penelitian ini menggunakan metode service performance (SERVPERF) yang mengukur kualitas pelayanan berdasarkan kinerja dari pelayanan yang diterima atau dirasakan masyarakat sebagai pengguna layanan. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi infinit dengan masingmasing 98 sampel untuk setiap jenis layanan sehingga total 196 sampel dan untuk penarikan sampel menggunakan teknik non-probability sampling (accidental sampling) yaitu siapa saja yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data pada saat di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik Mann Whitney. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran antara Kantor Dispendukcapil dengan layanan Pandu Cakti Kabupaten Tulungagung terutama pada dua dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi responsiveness dan empathy. Kedua dimensi tersebut menunjukkan nilai signifikansi (0,00) yang kurang dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan (0,05) sehingga dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu, kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran antara Kantor Dispendukcapil dengan Pandu Cakti Kabupaten Tulungagung dapat dikatakan terdapat perbedaan dari segi dimensi responsivess dan empathy sedangkan ketiga dimensi yang lain seperti tangible, reliability, dan assurance menunjukkan nilai signifikansi 0,123 untuk tangible, 0,467 untuk reliability, 0,87 untuk assurance sehingga nilai tersebut lebih dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan 0,05 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran antara Kantor Dispendukcapil dengan Pandu Cakti Kabupaten Tulungagung
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Oktober 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124408
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REPOSITORY.pdf
  Until 2029-10-09
Faiz Adnan Saputra2.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools