Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124349
Title: Pengaruh Persepsi Nilai dan Persepsi Risiko Melalui Kepuasan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Teluk Hijau Kabupaten Banyuwangi
Authors: MASRUROH, Hanifatin
Keywords: PERSEPSI NILAI
PERSEPSI RISIKO
KEPUASAN
MINAT BERKUNJUNG KEMBALI
Issue Date: 16-Jan-2024
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Teluk Hijau merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang berada dalam Taman Nasional Meru Betiri sehingga wisatawan harus menempuh perjalanan cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi. Teluk Hijau diapit oleh tebing di kedua sisi dan memiliki garis pantai yang melengkung dengan pasir putih yang indah. Teluk Hijau cocok untuk dikunjungi wisatawan yang memiliki minat khusus terhadap wisata yang menantang adrenalin. Lokasinya yang jauh dan cukup sulit dijangkau mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan. Destinasi wisata alam bergantung pada persepsi nilai dan persepsi risiko wisatawan untuk meningkatkan dan mempengaruhi jumlah kunjungan. Selain itu, kepuasan berperan penting dalam mendorong minat wisatawan untuk berkunjung kembali. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi nilai dan persepsi risiko terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening pada Teluk Hijau Kabupaten Banyuwangi. Rancangan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling. Metode sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan sampel sebanyak 125 responden. Penelitian ini menggunakan data primer yang peroleh melalui penyebaran kuisioner secara langsung. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square dengan variabel persepsi nilai dan persepsi risiko sebagai variabel bebas, kepuasan sebagai variabel intervening dan minat berkunjung kembali sebagai variabel terikat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nilai dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, persepsi nilai dan persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, kepuasan mutlak menjadi variabel mediasi persepsi nilai dan persepsi risiko terhadap minat berkunjung kembali.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 14 September 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124349
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Hanifatin_190810201191.pdf
  Until 2029-01-30
1.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools