Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124260
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 di SDN Curahpoh 01 Bondowoso |
Authors: | SAYEKTI, Aprida |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI HASIL BELAJAR PENELITIAN EKSPERIMEN |
Issue Date: | 20-Mar-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik dibutuhkan sistem pendidikan dan guru professional agar dapat mencerdaskan anak bangsa. SDM yang berkualitas akan menjadi tolak ukur kemajuan suatu negara. Penerapan model pembelajaran sebagai alat bantu guru dalam pembelajaran kurikulum 2013 (K13) untuk menyampaikan materi kepada siswa dengan baik. Penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantu media video diharapkan pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif serta meningkatkan kreatifitas dan keaktifan siswa. Pada model pembelajaran ini siswa dituntut mencari dan menemukan, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator yang tidak memberikan langsung materi melainkan memancing pengetahuan siswa dari materi yang dibahas. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantu media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 di SDN Curahpoh 01 Bondowoso. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahpoh 01 Bondowoso dengan menggunakan jenis penelitian eksperimental semu (quasi experimental) dengan pola Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IVA berjumlah 21 siswa dan kelas IVB berjumlah 21 siswa. Langkah pertama melakukan uji homogenitas pada kedua kelas IV menggunakan hasil ujian tengah semester (UTS). Hasil uji homogenitas diuji menggunakan SPSS versi 21 dan dinyatakan homogen. Langkah kedua menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik undian. Hasil undian menunjukkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa. Perbedaan nilai rata-rata pretest 53,42 dan posttest 73,42 pada kelas eksperimen (kelas IVA) dan nilai rata-rata pretest 51,19 dan posttest 58,90 beda 7,61 pada kelas kontrol (kelas IVB). Analisis data dengan menghitung selisih dari pretest dan posttest dari kedua kelas. Perhitungan uji t-test menggunakan SPSS versi 21 maka diperoleh hasil thitung 5,273. Diketahui derajat kebebasan (db) = 40 pada taraf signifikan 5%, Sehingga diperoleh nilai ttabel = 2,021 dengan demikian nilai thitung 5,273 > ttabel = 2,021 artinya hipotesis atlernatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hasil uji keefektifan relative (ER) untuk mengetahui tingkat keefektifan pada hasil belajar. Hasil uji keefektifan relative (ER) diperoleh 65,2% dengan kategori keefektifan tinggi. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dan lebih efektif pada kelas IVA (eksperimen) dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantu video. Dibandingkan kelas IVB (kontrol) dengan menerapkan metode tanya jawab dan ceramah. Selain itu model pembelajaran inkuiri dapat membantu guru dalam pembelajaran siswa serta dijadikan bahasan rujukan pada penelitian berikutnya. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 28 Agustus 2024 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124260 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
APRIDA SAYEKTI_170210204180. WATERMARK.pdf Until 2028-08-28 | 3.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
APRIDA SAYEKTI_170210204180. WATERMARK.pdf Until 2028-08-28 | 3.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools