Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124097
Title: Analisis Biaya Transaksi dan Strategi Pemasaran Mangga Garifta di Kecamatan Situbondo
Authors: AINUN, Widya Fras
Keywords: MANGGA GARIFTA
BIAYA TRANSAKSI
STRATEGI PEMASARAN
Issue Date: 24-Mar-2023
Publisher: Pertanian
Abstract: Mangga Garifta merupakan varietas mangga baru yang dikembangkan oleh pemerintah di Kabupaten Situbondo. Mangga Garifta direncanakan sebagai ikon buah Kabupaten Situbondo karena memiliki keunikan dari segi warna yang menarik dan rasa yang unik. Keunggulan Mangga Garifta memiliki daya tahan lebih lama daripada jenis mangga lainnya. Pemerintah Kabupaten Situbondo memprogramkan Mangga Garifta sebagai komoditas ekspor dalam rangka perluasan pasar. Pemasaran Mangga Garifta masih terbatas baik secara pasar lokal dan pasar internasional. Pemasaran Mangga Garifta di pasar nasional ada di pasar modern seperti supermarket dan restoran. Program perluasan pasar tersebut belum terealisasi karena produksi Mangga Garifta belum mampu memenuhi permintaan konsumen. Tahun ini produksi Mangga Garifta menurun hingga 30% dikarenakan perubahan cuaca sehingga merontokkan bunga. Keterbatasan pemasaran Mangga Garifta baik lokal dan internasional berhubungan dengan lembaga pemasaran. Banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat mempengaruhi terbentuknya pola pemasaran. Lembaga pemasaran dalam melakukan transaksi Mangga Garifta mengeluarkan biaya yang seringkali tidak dihitung karena nilainya yang terlalu kecil dan sulit teridentifikasi yaitu biaya transaksi. Struktur biaya transaksi seperti biaya pencarian informasi, biaya negosiasi dan biaya pengendalian risiko. Pemasaran Mangga Garifta perlu dioptimalkan dengan strategi-strategi yang tepat supaya tercapai perluasan pasar melalui identifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman). Berdasarkan fenomena tersebut perlu adanya penelitian tentang (1) bagaimana pola pemasaran Mangga Garifta, (2) struktur biaya transaksi setiap pola pemasaran Mangga Garifta dan (3) strategi pemasaran Mangga Garifta. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripitif, transaction cost, serta analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian di lapang menunjukkan bahwa terdapat 3 pola pemasaran Mangga Garifta di Desa Sopet yaitu pola pemasaran I (petani-kelompok tani-konsumen), pola pemasaran II (petani-kelompok tani-koperasi-konsumen) dan pola pemasaran III (petanikelompok tani-eksportir-konsumen luar negeri). Fungsi pemasaran pada masingmasing lembaga pemasaran diantaranya fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Fungsi pertukaran yaitu fungsi yang dilakukan oleh lembaga pemasaran meliputi kegiatan jual beli Mangga Garifta. Fungsi fisik meliputi pengemasan, pengangkutan, dan penyimpanan. Fungsi fasilitas diantaranya sortasi dan grading, pembiayaan, penanggung risiko, dan informasi pasar. Struktur biaya transaksi pada pemasaran Mangga Garifta di Desa Sopet meliputi biaya informasi, biaya negosiasi dan biaya risiko. Biaya transaksi paling sedikit yaitu pada saluran pemasaran I (petani-kelompok tani-konsumen). Alternatif strategi pemasaran Mangga Garifta yang sesuai yaitu mengoptimalkan hasil produksi dan menjaga kualitas Mangga Garifta sesuai SOP serta meningkatkan intensitas promosi Mangga Garifta untuk meningkatkan penjualan dan menambah pelanggan. Mutu Mangga Garifta yang sesuai standar yaitu varietas seragam, tingkat kematangan seragam, buah utuh (tidak pecah, terbelah atau terkelupas), berat buah seragam, permukaan kulit buah bersih bebas dari serangan hama dan penyakit serta aman untuk dikonsumsi.
Description: Finalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 20 Agustus 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124097
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf1.45 MBAdobe PDFView/Open
doc.pdf1.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools